Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Kelurahan Curug Depok Sudah Miliki 10 RW Ramah Anak

Selasa 24 Sep 2019 19:42 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Depok pertahankan penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya.

Depok pertahankan penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya.

Foto: Dok. Diskominfo Kota Depok
Sosialisasi kepada masyarakat melalui ketua RT-RW gencar dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID,  DEPOK -- Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, terus berupaya menambah jumlah RW Ramah Anak untuk mendukung Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA). Tercatat, kini sudah 10 RW Ramah Anak yang telah terbentuk di wilayah tersebut.

"Alhamdulillah sudah terbentuk 10 RW Ramah Anak, dari 11 RW masih ada satu yang belum, yaitu di RW 06," ujar Lurah Curug, Bambang, Selasa (24/9).

Menurut Bambang, demi meningkatkan jumlah RW Ramah Anak, pihaknya gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui ketua RT-RW atau dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Sebab, dalam pembentukan RW Ramah Anak membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat. "Selain sosialisasi, kami juga memberikan bimbingan untuk membentuk struktur RW Ramah Anak, baik kepada para ketua RW maupun kader PKK," jelasnya.

Bambang menambahkan, pembentukan RW Ramah Anak sebagai salah satu bentuk pemenuhan hak anak karena terdapat lima indikator dalam pembentukannya. Pertama, pemenuhan hak sipil dan kebebasan. Kedua, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif. Kemudian ketiga, kesehatan dan kesejahteraan dasar. Keempat, pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya. Kelima, perlindungan khusus.

"Dengan dibentuknya RW Ramah Anak, semoga kasus kekerasan terhadap anak tidak ada lagi dan semua pemenuhan hak anak dapat dilakukan secara optimal," kata Bambang berharap.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA