Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Jokowi: Gerak Cepat Bantu Korban Gempa Ambon

Jumat 27 Sep 2019 13:34 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

Bangunan yang rusak akibat gempa bumi di wilayah Liang Ambon, Maluku, Jumat (27/9/2019).

Bangunan yang rusak akibat gempa bumi di wilayah Liang Ambon, Maluku, Jumat (27/9/2019).

Foto: dok. Humas BNPB
Presiden juga berjanji bahwa pemerintah akan memberikan santunan kepada korban gempa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya, yakni Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Kementerian Sosial, TNI, serta Polri untuk bergerak cepat turun ke lapangan untuk membantu korban gempa Ambon, Maluku. Sesuai dengan laporan yang diterima pemerintah, ujar Jokowi, gempa bumi dengan intensitas M 6,5 pada Kamis (26/9) kemarin menewaskan 23 orang, lebih 100 orang luka-luka, dan ribuan lainnya terpaksa mengungsi.

"Saya juga ingin menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan duka cita yang mendalam atas gempa yang di Ambon. Saya perintahkan (jajaran) bergerak ke lapangan di tempat terjadinya gempa untuk kirimkan bantuan," jelas Presiden di Istana Merdeka, Jumat (27/9).

Presiden juga berjanji bahwa pemerintah akan memberikan santunan kepada korban gempa di Ambon. Korban meninggal dunia, ujarnya, akan diberikan santunan dan korban luka-luka akan ditanggung perawatannya. Pemerintah pun masih menghitung total kerugian yang dialami akibat bencana gempa bumi ini.

"Kemarin saya terakhir mendapat laporan kira-kira 100 lebih sedikit rumah yang rusak," kata Jokowi.

Berdasarkan data BNPB, infrastruktur yang rusak akibat gempa, di antaranya 171 unit rumah, 5 unit fasilitas pendidikan termasuk kampus Universitas Pattimura dan IAIN.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA