Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Pemprov Sumbar Upayakan Pemulangan Warganya dari Papua

Jumat 27 Sep 2019 23:20 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 yang digelar di hotel Mercure Padang, Rabu (24/4).

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2019 yang digelar di hotel Mercure Padang, Rabu (24/4).

Foto: Humas Pemprov Sumbar
Pemprov Sumbar meminta bantuan berbagai pihak pulangkan warganya.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, menyatakan pihaknya akan berupaya memulangkan ratusan warganya yang kini sedang terjebak dalam situasi kerusuhan di Wamena, Papua.

Baca Juga

Saat ini, kata Irwan, Pemprov Sumbar diwakili Wakil Gubernur Sumbar sedang dalam perjalanan ke Papua untuk meninjau langsung kondisi perantau Minang yang ada di Kota Jayapura. Saat ini mayoritas perantau Sumbar yang ada di Wamena mengungsi ke Kota Jayapura.

"Pemprov akan selalu mengupayakan bantuan dari semua pihak untuk membantu kepulangan perantau minang yang ada di Wamena," kata Irwan saat dikonfirmasi Republika.co.id, Jumat (27/9).

Irwan mengatakan dalam proses pemulangan warganya dari Papua nanti tidak menutup kemungkinan dengan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Karena apa yang dialami warga Sumbar dan warga asal daerah lain yang kini berada di Wamena adalah sebuah bencana.

Pemprov Sumbar juga meminta bantuan berbagai pihak termasuk kepada perantau Sumbar yang ada di daerah lain untuk menolong saudara-saudara yang kesulitan di Papua. 

Irwan mendoakan agar warga Sumbar yang ada di Papua bisa kembali menikmati hidup normal. Yakni hidup tanpa ada kegaduhan dan ancaman dari pihak manapun. "Saat ini Wagub sedang berangkat menuju Wamena untuk melihat dan menyapa secara langsung perantau Minang yang ada di sana," ucap Irwan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA