Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Demo DPR, Polisi Bagikan Minuman kepada Demonstran

Senin 30 Sep 2019 19:38 WIB

Red: Ratna Puspita

Sejumlah polisi berlindung dengan tameng dari lemparan batu saat kericuhan dalam unjuk rasa di Jalan Gatot Subroto, dekat kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Sejumlah polisi berlindung dengan tameng dari lemparan batu saat kericuhan dalam unjuk rasa di Jalan Gatot Subroto, dekat kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
'Pak bagi minum Pak, haus pak, kan udah damai pak,' kata para pelajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi yang melakukan pengamanan di Flyover Slipi, Jakarta Barat, membagikan minuman kepada pengunjuk rasa yang tersisa, Senin (30/9). Aksi membagi-bagikan minuman kepada pedemo yang didominasi oleh pelajar menengah atas dan sederajat dilakukan usai kondisi kembali kondusif antara polisi dan pendemo.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan, polisi membagikan minuman tersebut pada pukul 17.23 WIB. Para peserta demo berteriak meminta minuman usai melihat polisi menenggak air putih. "Pak bagi minum Pak, haus pak, kan udah damai pak," kata para pelajar SMA sederajat itu.

Akhirnya, dengan sisa minuman yang ada polisi membagikan minuman pada para pedemo meski melalui kawat barrier.

Sebelumnya, demo di Jalan Flyover Slipi berakhir ricuh pada pukul 16.28 WIB. Para pedemo memulai serangan dengan melemparkan batu ke arah polisi. Hal tersebut dibalas polisi dengan tembakan gas air mata beruntun sehingga memecah konsentrasi massa masuk ke Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Grogol dan Senayan.

Demo sempat terhenti, namun kembali ricuh pada pukul 17.55 WIB di Jalan menuju Pejompongan. Seperti yang diketahui, dalam satu minggu terakhir telah terjadi demo yang diinisiasi oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.

Pedemomenuntut tujuh hal dengan tuntutan utama menolak RKUHP, RUU Pertambangan Minerba, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan. Selain itu mahasiswa juga mendesak UU KPK dan UU SDA dibatalkan serta disahkannya RUU PKS dan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA