Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

MPR Sukses Jalankan Sidang Paripurna

Selasa 01 Oct 2019 18:30 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah anggota DPR,DPD dan MPR mengikuti sidang paripurna dan pengucapan sumpah/janji anggota DPR,DPD dan MPR periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (1/10).

Sejumlah anggota DPR,DPD dan MPR mengikuti sidang paripurna dan pengucapan sumpah/janji anggota DPR,DPD dan MPR periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (1/10).

Foto: Republika/Prayogi
Hari ini peresmian dan pelantikan sebagai anggota DPR, DPD, dan MPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota MPR dari Kelompok DPD Sabam Sirait dengan anggota MPR dari Fraksi Nasdem Hillary Brigitta Lasut menjadi pimpinan MPR sementara, Selasa (1/10). Hari ini dilakukan prosesi peresmian dan pelantikan sebagai anggota DPR, DPD, dan MPR.

Mulai pukul 08.00 WIB, satu persatu calon anggota MPR/DPR/DPD Periode 2019-2024, memasuki Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta. Prosesi pelantikan dimulai setelah Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki Gedung Nusantara sekitar pukul 09.57.

Kesempatan pertama dalam sidang itu adalah pelantikan anggota DPR. Selepas pelantikan anggota DPR, sidang dilanjutkan dengan pelantikan anggota DPD. Setelah dua lembaga negara itu sukses dan lancar melantik anggotanya, sidang dipungkasi dengan sidang pelantikan anggota MPR.

“Anggota MPR sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung dalam Sidang Paripurna MPR yang dipimpin Pimpinan Sementara MPR," ucap Brigitta Lasut.

Sebelum pengucapan sumpah janji, dirinya mempersilahkan Sekretaris Jenderal MPR, Ma’ruf Cahyono, untuk membacakan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Peresmian Keanggotaan MPR.

Selepas pria asal Banyumas, Jawa Tengah, membacakan Keputusan Presiden mengenai penetapan anggota MPR Periode 2019-2024, Brigitta Lasut bersama Sabam Sirait kembali ke kursi anggota untuk mengikuti bersama pelantikan anggota MPR.

Perwakilan anggota MPR dari masing-masing agama pun maju ke depan untuk memwakili sumpah jabatan dari anggota yang seagama. Ketua MA Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH., MH, masuk ke dalam ruang sidang untuk memandu sumpah jabatan yang diikuti oleh semua anggota MPR. Proses sumpah jabatan pun berlangsung dengan khidmat.

Usai perwakilan masing-masing agama menandatangani berita acara sumpah jabatan, Sabam Sirait dan Briggita Lasut kembali ke meja pimpinan sidang.  Sidang dibuka kembali.

Selepas itu Brigitta Lasut memandu proses acara penyerahan memori jabatan dari Pimpinan MPR Periode 2014-2019 ke Pimpinan MPR Sementara. Hadir dalam prosesi itu Pimpinan MPR 2014-2019, yakni Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan para Wakil Ketua MPR Mahyudin, Ahmad Basarah, Muhaimin Iskandar, Ahmad Muzani, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta. Memori jabatan itu adalah Laporan Pelaksanaan Tugas dan Wewenang serta Kinerja Pimpinan MPR Masa Jabatan 2014-2019.

Kepada pimpinan MPR Periode 2014-2019, Brigitta Lasut menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada Pimpinan serta segenap Anggota MPR Masa Jabatan 2014-2019 yang telah berhasil menjalankan tugas-tugas konstitusional dalam rangka membangun masyarakat, bangsa, dan negara.

“Dan ke depan tugas-tugas tersebut akan menjadi tanggung jawab kita semua”, ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler