Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

BMKG: Sebagian Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Selasa 01 Oct 2019 19:57 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)

Ruang pengawasan BMKG (ilustrasi)

Foto: Antara Foto
BMKG memprakirakan potensi hujan lebat disertai angin kencang tiga hari ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat yang akan terjadi dalam tiga hari ke depan (1 Oktober 2019-3 Oktober 2019) di sejumlah wilayah Indonesia.

Kabag Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana menyebut dari hasil pantauan BMKG, terdapat wilayah yang berpotensi hujan lebat pada hari ini (1/10) yaitu Sumatra Utara , Sumatra Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku. Sedangkan untuk esok hari (2/10) Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku.

"Kemudian lusa (3/10) di wilayah Sumatra Barat, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku berpotensi mengalami hujan lebat," katanya dalam siaran pers, Selasa (1/10).

Sementara itu, ia mengungkapkan terdapat wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (1/10) Aceh, Kalimantan Barat, Papua. Namun untuk esok hari (2/10) Aceh, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua.

"Dan lusa (3/10) di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir," ujarnya.

Ia menjelaskan fenomena itu terjadi karena terdapat sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Timur Philipina (level 925/700) dan Australia bagian Utara (level 925/900). Daerah belokan angin terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepri, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

"Low level jet dengan kecepatan angin dapat mencapai >25 kt berpotensi terjadi di Laut Arafuru. Konvergensi memanjang di utara Kalimantan," jelasnya.

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA