Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Fadel Incar Posisi Ketua MPR

Kamis 03 Oct 2019 11:06 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Hafil

Fadel Muhammad

Fadel Muhammad

Foto: Republika
Kursi ketua MPR tak hanya jadi incaran partai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kursi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Itidak hanya menjadi incaran para elite partai yang ada di parlemen. Senator asal Gorontalo, Fadel Muhammad juga ingin menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024. Ia berhasrat untuk membesarkan dan menguatkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Baca Juga

"Kita harus memilih pimpinan MPR dari fraksi dengan jumlah yang terbesar. Saya akan memperjuangan dari DPD menjadi ketua MPR RI, sehingga perjuangan kita lebih mudah," ujar Fadel, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (2/10).

Demi mewujudkan hasratnya, Fadel akan melakukan pertemuan dengan partai politik yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Sehingga ia mendapatkan dukungan dari mereka untuk melenggang ke pucuk pimpinan MPR RI. Rencananya, pagi ini Fadel sudah harus bertemu, setidaknya empat fraksi.

"Harus sudah ketemu dengan empat partai untuk membicarakan. Untuk sementara, saya jangan sebut partainya. Terus lebih siang lagi mungkin kita akan ke partai besar," tutur Fadel.

Namun kegigihan Fadel untuk mendapatkan kursi ketua MPR RI disinyalir sangat tidak mudah. Fadel harus bersaing dengan partai besar, Gerindra dan Partai Golkar juga mengincar kursi Ketua MPR tersebut. Bahkan Golkar yang digadang-gadang mengajukan nama Bambang Soesatyo (Bamsoet) sudah mendapatkan dukungan dari PDIP, PPP, dan Nasdem.

Sebelumnya, Fadel terpilih menjadi Pimpinan MPR dari unsur DPD RI dalam Rapat Kelompok DPD RI. Fadel mengalahkan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Dedi Iskandar Batubara dalam sistem voting. Fadel memperoleh 59 suara, GKR Hemas mendapatkan 46 suara, Yorrys mengumpulkan 16 suara, dan Dedi cuma mendulang 5 suara. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA