Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Puncak HUT TNI ke-74 Tingkat Jabar Dipusatkan di Gasibu

Sabtu 05 Okt 2019 11:51 WIB

Red: Agus Yulianto

Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -74 TNI  tahun 2019, tingkat Provinsi Jawa Barat, dipusatkan di Lapangan Gasibu Jalan Diponegoro Bandung, pada Sabtu (5/10). Bertindak sebagai inspektur upacara Pangdam III/Siliwangi Letjen TNI Tri Soewandono dengan peserta upacara parade dari pasukan satuan matra di TNI 3 Angkatan yaitu AD, AL, dan AU yang berada di Wilayah Garnisun Tetap II/Bandung dan Cimahi.

Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -74 TNI tahun 2019, tingkat Provinsi Jawa Barat, dipusatkan di Lapangan Gasibu Jalan Diponegoro Bandung, pada Sabtu (5/10). Bertindak sebagai inspektur upacara Pangdam III/Siliwangi Letjen TNI Tri Soewandono dengan peserta upacara parade dari pasukan satuan matra di TNI 3 Angkatan yaitu AD, AL, dan AU yang berada di Wilayah Garnisun Tetap II/Bandung dan Cimahi.

Foto: Foto: Pendam III/Siliwangi
Tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI  tahun 2019, tingkat Provinsi Jawa Barat, dipusatkan di lapangan gasibu Jalan Diponegoro Bandung, pada Sabtu (5/10). Bertindak sebagai inspektur upacara Pangdam III/Siliwangi Letjen TNI Tri Soewandono dengan peserta upacara parade dari pasukan satuan matra di TNI 3 Angkatan yaitu AD, AL, dan AU yang berada di Wilayah Garnisun Tetap II/Bandung dan Cimahi. 

Pukul 07.30 WIB, pasukan dari sejumlah satuan matra di TNI yaitu  AD, AL dan AU sudah mulai mengatur barisan di daerah persiapan untuk memasuki lapangan upacara. Bertindak selaku komandan upacara, Letkol Pas Togap Marlon Siburian yang sehari-harinya menjabat sebagai Pabandya PAM Sintel Korpaskhas. 

Prosesi upacara parade selain pengucapan Sapta Marga dan penganugerahan Satya Lencana, juga ada acara tambahan dengan penampilan Drumband Canka Panorama dan tari Sajojo yg diikuti seluruh peserta upacara dan tamu undangan serta masyarakat umum.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Pangdam III/Siliwangi  Letjen TNI  Tri Soewandono menyampaikan rasa bangga kepada seluruh prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

"Demikian juga TNI sebagai alat negara, tugas TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks," katanya dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id. 

photo
Pangdam III/Siliwangi Letjen TNI Tri Soewandono memeriksa peserta upacara parade pada hut tni ke-74. (Foto: Pendam III/Siliwangi)

Menurutnya, perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, juga membawa dampak disruptif di berbagai bidang. Sebagai contoh perang siber yang disertai perang informasi, walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Terkait Peringatan HUT ke 74 TNI di wilayah Gartap II/ Bandung-Cimahi kali ini telah tergelar beberapa rangkaian kegiatan. Di antaranya Karya Bakti dan Bakti Sosial di Bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor 7 Satgas Citarum Harum di Desa Sukamukti Kecamatan Ketapang Kab. Bandung pada hari  Sabtu tanggal 21 September 2019, yang dihadiri langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, .

Beberapa kegiatan karya bakti dan bakti sosial tersebut di antaranya telah dilaksanakan pembangunan Rutilahu sebanyak 20 unit rumah, jambanisasi 10 unit,  operasi katarak 83 orang, operasi bibir sumbing 13 orang, pelayanan kesehatan umum 1.200 orang, pemasangan kaki palsu 50 orang, pemberian kaca mata kepada 200 orang, pemasangan alat bantu dengar untuk 35 orang, donasi kursi roda 50 orang, pelayanan gigi 100 orang, sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) 300 orang, pembuatan sumur bor, pemberian sembako sebanyak 5.250 dan  membantu sesama dalam bentuk donor darah.

Selain kegiatan tersebut di atas juga melaksanakan  Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) bertempat di Aula Kesdam III/Siliwangi Jalan Ambon No. 7 Bandung pada hari Senin tanggal 16 September 2019). Pemeriksaan IVA tersebut diikuti 200 orang anggota Prajurit Kowad, PNS wanita, Persit Kartika Chandra Kirana, Pia Ardyagarini dan Jala Senastri,  kegiatan tersebut untuk  melakukan pencegahan secara dini terhadap kemungkinan terjadinya IVA. Kanker Serviks merupakan salah satu jenis kanker yang diakibatkan oleh pertumbuhan abnormal sel-sel di leher rahim yang mengakibatkan pertumbuhan tumor.

Sesuai dengan Tema HUT TNI kali ini yaitu, "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat", profesionalitas prajurit akan dapat tercapai dengan  didukung kesehatan yang prima".

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA