Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Abbey Road 'The Beatles' Puncaki Tangga Album Inggris Lagi

Sabtu 05 Oct 2019 11:58 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani

Paul McCartney

Paul McCartney

Foto: AP
Album Abbey Road sudah berusia 50 tahun setelah dirilis.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Album Abbey Road dari grup band legendaris The Beatles telah kembali ke puncak tangga album Inggris padahal album tersebut sudah berusia 50 tahun setelah dirilis. Hal ini membuat Paul McCartney sebagai mantan personil mengaku sangat terkejut dan tidak percaya bahwa karya musiknya bersama dengan teman-temannya itu masih bertahan.

“Sulit untuk percaya Abbey Road masih bertahan setelah bertahun-tahun, tapi sekali lagi saya dapat katakan bahwa ini adalah album yang sangat keren,” ujar McCartney dalam sebuah pernyataan dilansir CNA Lifestyle, Sabtu (5/10).

Abbey Road merupakan album yang dirilis di masa menjelang penghujung perpecahan The Beatles. Beberapa lagu yang terminal dari album ini diantaranya adalah Something dan Come Together.

Setelah pertama kali dirilis pada 1969, Abbey Road menempati 17 pekan pertama di posisi nomor satu puncak tangga album hingga berakhir pada 31 Januari 1970. Setelah jeda selama 49 tahun dan 252 tahun, tidak dapat dipercaya bahwa album ini kembali ke puncak tangga album, yang membuatnya mendapatkan penghargaan dari Guinness World Record.

Peringatan 50 tahun Abbey Road juga dilakukan pada bulan lalu dengan dirilisnya edisi deluxe dari The Beatles. Abbey Road menjadi album studio ke-11 yang dirilis oleh band asal Liverpool itu, yang disebut dikeluarkan ditengah ketegangan antar personil, namun ternyata sukses secara komersial dan dianggap oleh banyak kritikus sebagai karya terbesar grup yang beranggotakan John Lennon, McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA