Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Asrorun Niam Raih Penghargaan Indonesia Award 2019

Sabtu 05 Oct 2019 17:12 WIB

Red: Budi Raharjo

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Niam Sholeh meraih penghargaan dari ajang bergengsi Indonesia Award 2019.

Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Niam Sholeh meraih penghargaan dari ajang bergengsi Indonesia Award 2019.

Foto: Humas Kemenpora
Asorun Niam meraih penghargaan kategori Penggerak Pengembangan Kaum Muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Niam Sholeh meraih penghargaan dari ajang bergengsi Indonesia Award 2019. Ia meraih penghargaan untuk kategori Penggerak Pengembangan Kaum Muda yang diselenggarakan di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).

Ia dipilih oleh Dewan Juri atas prestasi dan dedikasinya dalam upaya mengembangkan partisipasi kaum muda. Khususnya di bidang kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan dengan berbagai program inovatif.

Saat menerima penghargaan, Niam menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden RI yang telah mempercayainya sebagai Deputi Pengembangan Pemuda hampir dua tahun terakhir. Hal itu memungkinkannya berkontribusi bagi bangsa dalam pengembangan kaum muda hingga diganjar penghargaan.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Presiden yang telah mempercayakan amanah kepada kami. Terimakasih kepada Dewan Juri yang sudah memberi apresisasi atas kinerja yang telah kami lakukan. Terima kasih untuk Tim Kemenpora yang bahu membahu dalam teammwork," ujar Niam dalam pidato singkat usai menerima award.

"Ini sebagai pengakuan publik atas amanah yang diberikan kepada kami sejak dua tahun terakhir dalam mengemban tugas," kata Niam menambahkan.

Niam juga mengungkapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya kaum muda atas sinergi dan kepercayaannya selama ini. "Penghargaan ini bukan hanya untuk kami dan Kemenpora. Bulan Oktober ini merupakan bulan pemuda di mana ada peristiwa bersejarah bagi kaum muda dan bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda. Karenanya, penghargaan ini sebagai kado sekaligus dedikasi untuk seluruh pemuda Indonesia", ujar akademisi UIN Jakarta ini.

Tak hanya itu, lanjut Niam, dengan adanya penghargaan tersebut, ia berharap dapat menjadi pengingat dirinya dalam menjalankan tugas-tugas sehari-harinya. "Saya kira terima kasih atas apresiasi ini, ini akan menjadi pengingat saya dalam melaksanakan tugas setiap hari. Terima kasih semuanya," tutur mantan aktifis mahasiswa 98 ini.

Indonesia Awards 2019 kali ini memberikan penghargaan kepada 30 insan terbaik, mulai dari pejabat publik, tokoh muda bangsa, altet berprestasi, pemimpin perusahaan, tokoh favorit, hingga Lifetime Achievement. Selain Niam, award juga diberikan kepada tokoh dan pejabat publik lain, di antaranya untuk kategori Pejabat Publik diraih Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Tokoh Muda Bangsa diraih Anjas Pramono, Pemimpin Perusahaan dianugerahkan kepada CEO PT Tokopedia William Tanujaya, Atlet Berprestasi kepada sprinter Lalu Muhammad Zohri, dan Tokoh Favorit dianugerahkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Serta Lifetime Achievement Indonesia Award 2019 diberikan kepada H Muhammad Jusuf Kalla.

Proses penyaringan bakal calon nomitari untuk acara penghargaan ini sudah dilakukan sejak Juli 2019, dan berdasarkan prestasi yang ditorehkan sejak Januari 2019. Dewan juri yang melakukan seleksi dan riset dalam acara ini dilakukan oleh Tim yang diketuai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, dan juri kehormatan Mahfud MD.

photo
Indonesia Award 2019.


Syafruddin merasa terhormat dengan penunjukan ini. ”Menjadi Ketua Dewan Juri Indonesia Awards, sukanya banyak, dukanya hampir tidak ada karena suasananya menggembirkan,” kata Syafruddin.

Mantan Wakapolri ini menuturkan, penjurian Indonesia Awards 2019 dilakukan selama enam bulan. Dalam rentang waktu itu, Dewan Juri mencari dan menyeleksi siapa tokoh-tokoh atau lembaga pemerintahan/nonpemerintahan yang layak diberikan penghargaan prestisius ini.

“Kita mencari-cari, ada unsur intelejen, kita mengikuti. Banyak sosok di Indonesia yang dikagumi oleh masyarakat berkat karya dan prestasinya dan sosok tersebut patut dijadikan contoh dan panutan,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo. Lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PAN RB Syafruddin, Anggota Dewan Pengarah BPIP Mahfud MD, Kepala Bulog Budi Waseso, Ketua KPU Arif Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, Ketua KPAI Susanto, serta para Gubernur dan Bupati/Walikota.

Indonesia Awards pertama kali digelar pada 2017. Indonesia Awards merupakan penghargaan yang diberikan iNews kepada lembaga pemerintahan, nonpemerintahan, maupun perorangan yang telah berkontribusi dan konsisten dalam pembangunan negeri. Indonesia Awards 2019 mengusung tema “Kita Indonesia”.

Indonesia Awards 2019 juga dimeriahkan sejumlah penampilan selebritas seperti grup band Armada dan penyanyi Cita Citata.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA