Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Ini Daftar 5 Bupati Lampung Terciduk KPK, Tiga dari Nasdem

Senin 07 Oct 2019 10:50 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Bupati nonaktif Lampung Tengah Mustafa usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Jakarta, Selasa (20/2) malam.

Bupati Lampung Selatan noaktif Zainudin Hasan menjalani sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor Bandar Lampung, Lampung, Senin (1/4/2019).

Foto:
KPK sudah mengamankan tujuh orang terkait dugaan suap proyek di Lampung Utara.

Bupati Mesuji

Bupati Mesuji diciduk KPK pada Januari 2019 lalu. Khamami diduga menerima suap Rp 1,28 miliar terkait pembangunan infrastruktur di Mesuji. KPK menduga uang itu bukan pemberian pertama. Pada 16 Agustus 2019, jaksa menuntutnya delapan tahun penjara. Khamami menyatakan mundur dari Nasdem termasuk jabatannya di Dewan Pertimbangan DPD Partai Nasdem Mesuji.

Zainudin Hasan

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan telah divonis 12 tahun penjara dan dendanRp 500 juta subsider lima bulan kurungan pada April 2019 lalu. Zainudin dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang. Zainudin disebut meminta fee dari rekanan proyek di Dinas PUPR Lampung Selatan. Total suap yang diterima Zainudin sekitar Rp 72 miliar. Zainudin Hasan merupakan adik dari Ketum PAN Zulkifli Hasan. Ia kena OTT KPK pada Juli 2018. PAN telah memberhentikan Zainudin Hasan dari posisi ketua DPW.

Bupati Lampung Utara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan tujuh orang dari operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Lampung Utara, Senin (7/10). Salah satunya diketahui adalah Bupati Lampung Utara Ilmu Mangkunegara.

KPK mengamankan barang bukti uang sekitar Rp 600 juta. Uang tersebut diduga terkait dengan proyek. KPK masih mendalami kasus ini. Ilmu Mangkunegara menyatakan mundur dari ketua DPD Partai Nasdem.


 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA