Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Nusa Penida Festival Mendapat Dukungan Gubernur dan Kemenpar

Senin 07 Oct 2019 22:05 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Gubernur Bali I Wayan Koster, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekretaris Daerah Bali Dewa Made Indra, Tenaga Ahli Bidang Pemasaran dan Kerjasama Kementerian Republik Indonesia I Gede Pitana (kiri ke kanan) melakukan pembukaan dalam acara Nusa Penida Festival 2019, Senin (7/10).

Gubernur Bali I Wayan Koster, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekretaris Daerah Bali Dewa Made Indra, Tenaga Ahli Bidang Pemasaran dan Kerjasama Kementerian Republik Indonesia I Gede Pitana (kiri ke kanan) melakukan pembukaan dalam acara Nusa Penida Festival 2019, Senin (7/10).

Foto: Dok. NPF
NPF berpotensi masuk kalender wisata dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Lancar dan suksesnya Nusa Penida Festival (NPF) yang kelima mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat dan Provinsi. Acara yang dibuka langsung oleh Perwakilan Kementerian Pariwisata, Prof I Gde Pitana, Gubernur Bali I Wayan Koster, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dan sejumlah petinggi di Bali (6/10) Menuai Dukungan.

Gubernur Bali memberikan apresiasinya dengan menghadiri langsung pembukaan acara yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Klungkung tersebut. “Saya langsung menghadiri untuk membuka Festival ini, karena memang Nusa Penida itu spesial dan sangat potensial serta berpengaruh cukup signifikan bagi Pariwisata di Bali. Saya ucapkan apresiasi saya yang luar biasa kepada Bupati Klungkung, yang telah berhasil membuat Festival yang meriah seperti ini,” ujar Koster melalui keterangan resmi kepada media, Senin (7/10).

“Kami juga telah melakukan upaya – upaya agar dapat membantu perepatan infrastruktur di Nusa Penida salah satunya dengan akan segera direalisasikan Dermaga Segitiga Sanur, Nusa Penida dan Nusa Lembongan agar mempermudah wisatawan menuju Nusa Penida,” lanjut Koster.

I Gede Pitana selaku Staff Ahli bidang Pemasaran dan Promosi Kemenpar – RI dalam sambutannya mewakili Menteri Pariwisata mengungkapkan apresiasinya. Menurut dia, dari kajian, Pemerintah Daerah yang konsisten mengadakan Festival secara berkala memberilam berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan Wisatawan baik lokal maupun manca negara pada destinasi di daerahnya.

"Bupati Klungkung, telah mewujudkannya. Nusa Penida bukan saja ada didalam Top of Mind Destination of Bali, tetapi juga sudah ada di peta pariwisata Dunia dengan nama The Blue Paradise Island,” ujar Pitana.

Pitana menilai, NPF layak direkomendasikan masuk dalam daftar acara tahunan Wonderful Indonesia milik Kemenpar RI, “ Syarat minimal 5 kali berturut–turut mengadakan Festival sudah terpenuhi, kami akan mengajukan untuk selanjutnya dikurasi oleh tim ahli Kurator Kemenpar untuk dinilai dari objective lain seperti Skala, peningkatan jumlah Wisatan, Perputaran Uang, dan komitmen Pemerintah Daerah," ujarnya.

“Keuntungan masuk kedalam Calender of Event Wonderful Indonesia adalah promosi yang masif dalam dan luar negeri” lanjut Pitana.

Dukungan Kemenpar RI tersebut disambut gembira oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. “Kami berbahagia dan Terharu jika NPF ini dinilai telah layak menjadi Event Nasional dan International, kami sendiri telah merasakan para Wisatawan Asing semakin tahun semakin banyak yang menghadiri NFP ini,” ujar Suwirta.

Dia menjelaskan, soal komitmen, informasi ini menambah semangat dia dan jajarannya untuk terus mengembangkan kreativitas NPF yang akan datang. Pelaksanaan NPF ini, kata dia, tidak mudah, karena dia dan jajarannya juga turut mengedukasi masyarakat lokat dalam keikutsertaan pada setiap NPF.

Suwirta mengungkapkan, selain faktor keberhasilan acara, ia terus mengingatkan masyarakat agar terus melestarikan alam dan kebudayaan di Nusa Penida “Namun, yang lebih penting adalah bagaimana kita juga melestarikan dan merawat alam ini, seperti kemarin kegiatan kami adalah bersih – bersih pantai dan melakukan transplantasi terumbu karang agar tetap dan semakin lestari alam Nusa Penida ini," jelas Suwirta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA