Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Kebakaran di Gunung Ciremai Sudah Berlangsung 4 Hari

Selasa 08 Oct 2019 05:50 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Sejumlah petugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar kawasan hutan di lereng Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (3/10).

Sejumlah petugas gabungan berusaha memadamkan api yang membakar kawasan hutan di lereng Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Rabu (3/10).

Foto: Antara/Dedhez Anggara
Sudah empat hari kawasan Gunung Ciremai terbakar dan belum dapat dipadamkan.

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM--Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Agus Permana mengatakan sudah empat hari kawasan Gunung Ciremai di ketinggian 800 Mdpl terbakar dan saat ini masih belum dapat dipadamkan.

"Kejadian awal diketahui pada hari Jumat (4/10) lalu dan sampai saat ini api masih belum bisa dipadamkan," kata Agus di Majalengka, Senin (7/10/2019).

AYO BACA : Puncak Gunung Ciremai Kembali Terbakar Kamis, Api Belum Padam

Lokasi kebakaran itu, kata Agus, terjadi di Blok Awilega Desa Bantaragung, Kecamatan Sindawangi, Kabupaten Majalengka, tepatnya di kawasan Balai Taman nasional Gunung Ciremai (BTNGC).

Kemudian pada Sabtu (6/10) api juga belum bisa dikendalikan, karena cuaca dan angin yang cukup kencang sehingga cepat merambat ke daerah lainnya.

AYO BACA : Kebakaran Hutan Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

"Karena angin cukup besar dan berubah-ubah, api merembet ke arah Blok Sidodolog dan Blok Liangangin," ujarnya.

Agus menambahkan selain cuaca, faktor lahan yang terbakar juga sangat berpengaruh, di mana jenis vegetasi yang terbakar merupakan pohon pinus dan semak belukar.

Yang menjadi kendala dalam pemadaman, karena lokasi kebakaran susah dijangkau dan menyebar di beberapa titik, sehingga memerlukan waktu untuk mencapai lokasi.

Untuk sementara areal yang terbakar diperkirakan sekitar kurang lebih 80 Hektar, yang terdiri dari lahan milik BTNGC.

"Saat ini api sudah menyebar dan mengarah ke Blok Situmpuk dan daerah Blok Rawa yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan," katanya.

AYO BACA : alur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Selama Pemulihan Ekosistem

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA