Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Ini Pembagian Koordinator Bidang Pimpinan DPR

Selasa 08 Oct 2019 14:32 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani

Ketua DPR Puan Maharani bersama pimpinan DPR bersiap memimpin rapat konsultasi bersama pimpinan fraksi - fraksi DPR di ruang Komisi VII, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).

Ketua DPR Puan Maharani bersama pimpinan DPR bersiap memimpin rapat konsultasi bersama pimpinan fraksi - fraksi DPR di ruang Komisi VII, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).

Foto: Republika/Prayogi
Wakil Ketua dari Gerindra, Sufmi Dasco menduduki Koordinator Ekonomi dan Keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Posisi Wakil Ketua DPR RI telah ditentukan. Wakil Ketua DPR RI dari Golkar Azis Syamsuddin disebut mendapatkan posisi Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam). Sementara, Wakil Ketua dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menduduki Koordinator Ekonomi dan Keuangan.

"Iya kemarin dalam rapat pimpinan DPR sudah diputuskan bahwa pak Azis akan pegang Polhukam. (Saya) Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan," ujar Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Selasa (8/10).

Dasco membantah adanya perebutan antara dirinya dan Azis terkait posisi tersebut. Selain Korpolkam dan Kerekeu, terdapat posisi Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) dan Koordinator Industri dan Pembangunan (Korinbang) yang akan diduduki oleh Muhaimin Iskandar dari PKB, dan Rahmat Gobel dari Nasdem.

Sementara itu, terkait posisi alat kelengkapan dewan (AKD), Dasco mengatakan, musyawarah masih terus berlangsung. Gerindra dan fraksi partai politik lainnya masih terus melakukan lobi. Gerindra sendiri belum menentukan mengincar komisi tertentu.

"Kalau Gerindra itu masih dibicarakan di fraksi. Mungkin hari ini baru diputuskan. Gerindra mau ngambil komisi mana dan AKD mana," kata Wakil Ketua Umum Gerindra.

Azis Syamsuddin yang juga Ketua Fraksi Golkar di DPR RI belum mau berbicara banyak soal incaran pimpinan komisi atau kesepakatan komisi antarfraksi parpol yang tengah berlangsung. Ia juga mengatakan, partai politik mendapat waktu dari Ketua DPR RI Puan Maharani untuk melakukan lobi-lobi terlebih dahulu.

"Diberi kesempatan oleh Bu Ketua untuk melakukan forum lobi dulu, lagi tunggu forum lobi," kata Azis.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA