Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Warga Sukabumi di Wamena Dipulangkan

Rabu 09 Oct 2019 17:14 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Warga yang gagal berangkat untuk mengungsi dengan menumpang pesawat Hercules TNI AU di Bandar Udara Wamena, Papua, Rabu (9/10/2019).

Warga yang gagal berangkat untuk mengungsi dengan menumpang pesawat Hercules TNI AU di Bandar Udara Wamena, Papua, Rabu (9/10/2019).

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warga Sukabumi berterima kasih kepada pihak yang membantu.

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Sebanyak delapan orang warga Sukabumi dipulangkan dari Wamena, Papua dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (9/10) siang. Mereka adalah bagian dari warga Jawa Barat yang dipulangkan akibat insiden yang terjadi di Wamena.

Baca Juga

Proses penjemputan dilakukan salah satunya dilakukan oleh Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kota/Kota Sukabumi Slamet dan anggota DPRD Provinsi Jabar Abdul Muiz. Selain itu dijemput oleh Pemdaprov Jabar dan Baznas Jabar serta Darut Tauhid (DT peduli).

"Kami ikut menjemput sebagai bentuk kepedulian kepada warga yang terdampak insiden di Wamena,'' ujar Anggota DPR RI Slamet yang berasal dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS). Ada delapan warga Sukabumi yang dipulangkan.

Mereka adalah enam orang warga Kabupaten Sukabumi yakni Ijam, Lili, Narsono, Dadang Darsita, Nurdin, dan Siti Masitoh. Sementara dua lainnya dari Kota Sukabumi yakni Taniya Idah dan Zidan Ardiansyah.

Menurut Slamet, kalangan DPR berharap proses pemulangan warga Wamena dapat berjalan dengan baik. Nantinya mereka akan diantar hingga ke masing-masing daerah yang difasilitasi pemerintah.

Slamet mengucapkan terimakasih kepada Pemdaprov Jabar, Baznas Jawa Barat, dan DT Peduli, Di mana semua elemen tersebut membantu kepulangan warga Jabar di Wamena.

Di sisi lain Slamet meminta pemerintah harus memaksimalkan usaha untuk memberikan rasa aman kepada seluruh warga negaranya Di mana Pancasila mengajarkan bahwa tidak boleh di negeri ini ada tirani minoritas.

Anggota DPRD Jabar, Abdul Muiz mengatakan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada para relawan yang telah mengkoordinir kepulangan warga Jabar. ‘’ Secara khusus terima kasih kepada Pemprov Jabar, Baznas Jabar, DPU Darut Tauhid, dan semua pihak yang telah berkontribusi mengulurkan tangan membantu warga Jabar,’’ imbuh dia.

Semoga kepedulian dan uluran tangan membantu warga Jabar ungkap Muzi, menjadi pemberat timbangan amal di akhirat nanti. Ke depan ia mendorong Pemprov Jabar untuk mengambil langkah-langkah cepat guna memberikan perlindungan, fasilitasi permodalan usaha dan program perumahan bagi warga Jabar yang baru mendapat musibah.

Salah seorang warga asal Pelabuhanratu, Ijam mengatakan, ia sangat berterimakasih karena adanya perhatian dari berbagai pihak hingga bisa dipulangkan. Termasuk kepada anggota DPR RI dari Sukabumi dan pemerintah daerah sudah proaktif dalam menjemput warga Sukabumi yang terkena dampak insiden di Wamena Papua.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA