Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kemenhub: Manggarai Ideal Jadi Stasiun KA Sentral

Kamis 10 Oct 2019 04:45 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Penumpang turun dari gerbong KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Penumpang turun dari gerbong KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Gambir tak lagi bisa dikembangkan, Manggarai dianggap ideal jadi stasiun sentral.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menilai, Stasiun KA Manggarai, Jakarta, ideal sebagai stasiun sentral . Terlebih, Gambir sudah tidak bisa dikembangkan lagi.

"Kami tetap sesuai dengan perencanaan karena memang sudah lama, sudah sangat ideal di situ ( Manggarai), karena kalau stasiun gambir tidak bisa dikembangkan lagi, apalagi stasiun lain,” kata Kasubag Humas Ditjen Perkeretaapian Supandi di Jakarta, Rabu.

Supandi menjelaskan, stasiun manggarai memang dirancang untuk stasiun ultimate yang perencanaannya sudah dilakukan sejak lama.

"Kami tidak tiba-tiba mengubah rencana tersebut, kami juga sudah studi. Manggarai jadi stasiun sentral dan Gambir akan kembali seperti semula untuk commuter line," katanya.

Baca Juga

photo
Calon penumpang menunggu KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Dengan pemindahan KA jarak jauh dari Gambir ke Manggarai, maka diharapkan pengoperasian akan terpusat ditambah saat ini sudah bisa mengakses KA Bandara dari stasiun tersebut. Supandi mengatakan dengan pemindahan tersebut, wilayah sekitar juga tentunya akan ditata sedemikian rupa dalam kurun waktu hingga dua tahun mendatang sekaligus menunggu kesiapan jalur dwiganda.

"Kami kan masih ada waktu dua tahun. Kalau rencananya akhir 2021 itu hanya pembangunan stasiun selesai. Tapi sepanjang itu kita kan akan melakukan penataan, khususnya menunggu kesiapan jalur dwiganda. Kalau ini enggak selesai juga kan enggak bisa dipindah dulu," katanya.

Terkait lahan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan PT Kereta Api Indonesia agar bisa diselesaikan untuk kemudahan akses penumpang.

"Koordinasi kita lakukan terus, terkait penertiban, dengan RT/RW kelurahan dan kecamatan terus dilakukan penertiban berbasis dialog dan musyawarah,” katanya.

Selain itu, kelak juga akan dibangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun. Area komersial akan diisi oleh gerai-gerai layaknya di Stasiun Gambir.

"Jadi nanti akan bangun Halte Transjakarta yang terhubung dengan stasiun, di Pasar Raya juga akan dibangun untuk terbangun sampai stasiun," ujarnya.

Pemerintah akan memindahkan fungsi stasiun sentral dariGambir ke Manggarai pada 2021 dan Stasiun Gambir akan dikembalikan fungsinya sebagai naik turunnya penumpang kereta rel listrik (KRL).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA