Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

KA Bandara-Manggarai Layani 68 Perjalanan Setiap Hari

Kamis 10 Oct 2019 14:42 WIB

Red: Nora Azizah

Masinis mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan

Masinis mengoperasikan kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
KA Bandara-Manggarai tersedia setiap 30 menit sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kereta Api (KA) Bandara rute Stasiun Manggarai- Bandara Soekarno-Hatta melayani 68 perjalanan setiap hari sejak dibuka lima hari lalu. "Total ada 68 perjalanan pulang pergi (PP) setiap harinya, 34 perjalanan dari Manggarai ke Soetta dan 34 lainnya dari Soetta ke Mangarai," kata Vice President Commercial PT Railink, Fitri Kusumo Wardhani kepada Antara di Jakarta, Kamis (10/10).

Menurut Fitri, layanan KA Bandara tersedia setiap 30 menit sekali baik di Stasiun Manggarai dengan keberangkatan paling pagi dimulai pukul 05.10 WIB dan keberangkatan akhir pukul 21.40 WIB. Begitu pula dari Stasiun Soetta keberangkatan KA Bandara paling pagi mulai pukul 06.07 dan terakhir pukul 22.37 WIB.

KA Bandara ini pun terdiri atas enam rangkaian kereta dengan kapasitas 272 tempat duduk untuk satu kali keberangkatan. Layanan KA Bandara Soetta telah beroperasi sejak 2017, dengan keberangkatan awal dimulai dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) menuju Stasiun Soetta.

Tepat pada Sabtu (5/10) relasai KA Bandara diperpanjang hingga Stasiun Manggarai dan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurut Fitri, perpanjangan relasi KA Bandara ke Stasiun Manggarai menunjukkan tren positif adanya peningkatan jumlah pengguna layanan.

"Dengan dibukanya layanan naik turun penumpang di Stasiun Manggarai ada penambahan penumpang baru yang berangkat dari Manggarai," kata Fitri. Fitri menambahkan, selain di Stasiun Manggarai, layanan naik turun penumpang masih tetap dilayani dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) maupun Stasiun Duri dan Batu Ceper.

Baca Juga

Pada hari pertama pengoperasian KA Bandara dari Stasiun Manggarai Sabtu (5/10) tercatat jumlah penumpang pulang dan pergi Stasiun Manggarai-Stasiun Soetta sebanyak 3.938 penumpang. Jumlah penumpang berangkat dari Stasiun Manggarai sebanyak 527 penumpang dan turun di Stasiun Manggarai sebanyak 519 penumpang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA