Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Polda Jabar Selidiki Kebakaran Hutan Kawah Putih

Jumat 11 Oct 2019 02:00 WIB

Red: Muhammad Hafil

Sejumlah relawan berusaha memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Kawah Putih, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10).

Sejumlah relawan berusaha memadamkan api yang membakar lahan di kawasan Kawah Putih, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Selasa (8/10).

Foto: Abdan Syakura
Polda Jabar sudah menerjunkan tim ke lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Kasus kebakaran hutan di Kawah Putih, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, mulai diselidiki penyidik Polda Jabar. Dalam menangani kasus ini, Polda Jabar membackup Polres Bandung.

Baca Juga

"Tim Polda Jabar mulai diterjunkan ke lapangan untuk melakukan penyelidikan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada para wartawan, Kamis (10/10).

Menurut Truno, hasil penyelidikan tim di lapangan nantinya akan dianalisa. Jika dari hasil analisa tersebut ada unsur pidananya maka penyidik akan mengembangkannya. Sampai saat ini tim masih melalukan penyelidikan dan hasilnya belum bisa disampaikan.

Dikatakan Truno, selain membantu penanggulangan kebakaran hutan Kawah Putih, Polda Jabar bersama Polres Bandung kini tengah melakukan penyelidikan penyebab kebakaran tersebut. Ia mengatakan, ada beberapa faktor penyebab kebakaran ini, yaitu alam karena musim kemarau.

Ia mengatakan, faktor lainnya yaitu faktor manusia, baik disengaja maupun tidak. Misalnya, kata dia, manusia m membuang puntung rokok sembarangan yang mengenai barang mudah terbakar seperti alang-alang.

Penyebab lainnya bisa juga karena sampah berupa botol plastik dan botol kaca yang bisa menyebabkan timbulnya api. "Kami juga lakukan imbauan pada wisatawan agar tetap menjaga lingkungan saat mengunjungi Kawah Putih," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA