Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Nasdem Siap Jadi Mitra Koalisi yang Kritis ke Pemerintah

Ahad 13 Oct 2019 13:48 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

 Irma Suryani Chaniago

Irma Suryani Chaniago

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Jika Gerindra dapat kursi menteri, Nasdem ingatkan soal check and balances.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP partai nasdem irma suryani chaniago mengatakan partainya siap memainkan peran sebagai mitra koalisi yang kritis. Kendati berada di barisan pendukung pemerintah, ia mengatakan, Nasdem akan mengawasi kinerja pemerintah agar fungsi check and balances bisa berjalan dengan baik. 

Baca Juga

Irma melontarkan hal tersebut untuk mengomentari kemungkinan merapatnya partai gerindra ke kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Menurut Irma, partainya mengkhawatirkan fungsi pengawasan terhadap pemerintah jika Gerindra bergabung dalam kabinet jokowi -Ma'ruf.

"Siapa yang mau jadi kontrol sistem yang efektif tehadap program pemerintah yang negatif impact, yang disalahkan presiden," kata dia di Jakarta, Ahad (13/10).

Irma mengingatkan pentingnya check and balances dalam sebuah pemerintahan. Ia khawatir, jika seluruh partai politik (parpol) masuk pemerintahan maka fungsi check and balances tidak bisa berjalan dengan baik.

Irma menegaskan partainya tidak mempersoalkan merapatnya Gerindra ke kabinat Jokowi-Ma'ruf bakal mengurangi jatah kursi menteri untuk Nasdem. Sebab, ia menegaskan sejak awal Partai Nasdem mendukung Jokowi tanpa syarat dan mahar.

Bahkan, ia menegaskan Partai Nasdem tetap akan mendukung Jokowi sekalipun tidak diberi jatah kursi menteri. "Diberikan atau tidak diberikan kursi, nasdem dukung Jokowi tanpa syarat dan mahar, yang diharapkan kami agar parpol berikan diskursus pada publik, jadi parpol yang elegan dan bermartabat," ucapnya.

Ia mengatakan Nasdem berharap pemerintahan Jokowi bisa menjalankan lima program komprehensif yang sudah disepakati. Terlaksananya program tersebut, ia yakin Indonesia bakal menjadi negara yang lebih ketimbang negara lain. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA