Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Piala Presiden Esports 2020 Trigger Industri Gim Nasional

Ahad 13 Oct 2019 15:37 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Dwi Murdaningsih

Arena Piala Presiden Esports 2020 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad (13/10).

Arena Piala Presiden Esports 2020 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Ahad (13/10).

Foto: Republika/Muhammad Ikhwanuddin
Piala Presiden Esports 2020 mempertandingkan gim buatan anak Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang Piala Presiden Esports 2020 resmi bergulir. Kasta tertinggi olahraga berbasis teknologi itu akan mempertandingkan gim buatan anak Indonesia.

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha mengatakan ada dua gim dalam Piala Presiden Esports 2020 yang sudah resmi dipertandingkan, yaitu Free Fire dan eFootball PES 2020. Sementara gim nasional masih dalam tahap seleksi oleh Dewan Kurasi Game Nasional.

Dengan turut dipertandingkannya game nasional di Piala Presiden, ia berharal dapat membuka ruang dan menjadi trigger bertumbuhnya industri gim di Indonesia. Saat ini, lanjutnya, ada lima game nasional yang telah lolos kurasi tahap pertama.

Dewan Kurasi Game Nasional hanya akan memilih satu gim yang akan terpilih tahap kurasi kedua dan kemudian dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2020. Kelima game tersebut adalah Battle of Satria Dewa, eSport Manager, Lokapala, Pirate Mobile War, dan Ultra Space Battle Brawl.

Giring menyampaikan, terdapat parameter yang menjadi pertimbangan dewan kurasi yang melibatkan Bekraf dan Kemenkominfo dalam prosesnya. Giring menjabarkan pihaknya memiliki tiga aspek yang perlu dipenuhi oleh gim.

Baca Juga

Pertama, kata Giring, gim ini harus dikembangkan developer lokal Indonesia. Kedua, memenuhi unsur esports dan kompetisi. Apakah gim ini besar potensinya sebagai esports.

"Ketiga harus playable, harus punya kelayakan dari mekanisme gimnya. Terakhir, orisinalitas, harus dipastikan seluruh elemen game-nya garapan lokal, bukan cuma re-skin dan engine yang berasal dari luar negeri," kata Giring.

Usai rangkaian Piala Presiden Esports 2020 diresmikan, tahapan bergulir ke tahapan kualifikasi secara regional negara-negara di Asia Tenggara dan kualifikasi nasional di Indonesia.

Kualifikasi tingkat regional akan dimulai pada pertengahan Oktober hingga akhir Desember 2019. Sedangkan tahap kualifikasi nasional akan dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Indonesia Timur dan Indonesia Barat. Final Kualifikasi Indonesia Timur diadakan di Surabaya pada 11-12 Januari 2020 dan Final Kualifikasi Indonesia Barat diselenggarakan di Bandung pada 18-19 Januari 2020.

"Babak Grand Final akan mempertemukan semua Juara Final Kualifikasi, 1-2 Februari 2020 di Jakarta," ujar Giring.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA