Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Indramayu Miliki Agro Wisata

Ahad 13 Oct 2019 23:28 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil

Anggota Pramuka merakit tenda saat pengikuti Jambore Kemah Terapung (Floating Camp) di Situ Bolang, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (10/5).

Anggota Pramuka merakit tenda saat pengikuti Jambore Kemah Terapung (Floating Camp) di Situ Bolang, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (10/5).

Foto: Antara/Dedhez Anggara
Agrowisata Situ Bolang berkonsep wisata dan edukasi.

REPUBLIKA.CO.ID,INDRAMAYU -- Kabupaten Indramayu kini memiliki objek wisata baru berupa agro wisata Situ Bolang di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung. Kehadiran objek wisata itu diharapkan bisa menjadi destinasi wisata favorit di Kabupaten Indramayu.

Agro Wisata Situ Bolang  Desa Jatisura itu diresmikan penggunaannya oleh Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, Ahad 13/10). Namun sebelumnya, lokasi itu sudah didatangi oleh banyak pengunjung,  baik anak sekolah, mahasiswa, dan kelompok petani dari Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Di tempat itu, para pengunjung  bisa menikmati aneka buah-buahan yang sudah ditanam dan siap dipetik. Buah-buahan yang sudah tersedia antara lain mangga, klengkeng, durian, dan lainnya.

Selain buah, masyarakat juga bisa menyaksikan aneka bunga yang tersusun indah. Keberadaan bunga itupun bisa digunakan untuk berswafoto.

Untuk bisa masuk ke area objek wisata tersebut, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, Agro Wisata Situ Bolang memiliki keunikan. Pasalnya, bunga, buah, dan tumbuhan yang biasa berbuah di dataran tinggi, ternyata bisa hidup di lokasi itu yang notabene merupakan dataran rendah.

Selain itu, hal lain yang menjadi nilai tambah objek wisata tersebut adalah keberadaan mangga Agrimania. Mangga tersebut merupakan mangga dari Indramayu yang memiliki berbagai keunggulan.

‘’Saya berharap, mangga Agrimania yang menjadi mangga terbaik di Indonesia itu bisa menjadi ikon tempat ini,’’ tandas Taufik.

Taufik menambahkan, Pemkab Indramayu akan melengkapi berbagai kekurangan fasilitas yang akan masuk ke Agro Wisata Situ Bolang, seperti jalan, dan pendukung lainnya. Dengan adanya penambahan fasilitas itu, maka jumlah pengunjung Situ Bolang diharapkan akan semakin bertambah.

Sementara itu, penggagas Agro Wisata Situ Bolang, H Urip, mengatakan, Agro Wisata Situ Bolang  merupakan wahana rekreasi dan edukasi. Keberadaan agro wisata itu juga menjadi upaya untuk memajukan hortikultura di Kabupaten Indramayu.

‘’Sejak sebelum diresmikan, agro wisata ini sudah ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai kelompok maupun kota,’’ kata Urip.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA