Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Pariwisata di Waduk Jatiluhur Terus Dikembangkan

Senin 14 Oct 2019 14:50 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani

Musim kemarau, tinggi muka air (TMA) Waduk Jatiluhur terus mengalami penyusutan. Saat ini, status waduk terbesar di Jabar ini dalam kondisi kering.

Musim kemarau, tinggi muka air (TMA) Waduk Jatiluhur terus mengalami penyusutan. Saat ini, status waduk terbesar di Jabar ini dalam kondisi kering.

Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Optimalisasi aset ini dilakukan untuk mengembangkan obyek wisata Waduk Jatiluhur.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Perum Jasa Tirta II tengah mengoptimalisasi kawasan waduk jatiluhur di Kabupaten Purwakarta. PJT II memaksimalkan potensi wisata Waduk Jatiluhur dengan membangun beragam fasilitas pendukung. Salah satu yang baru selesai dibangun adalah hotel. Hotel ini dibangun dengan dikelilingi keasrian dan keindahan alam Waduk Jatiluhur akan segera beroperasi.

Direktur Utama Jasa Tirta II U. Saefudin Noer menyampaikan saat ini Jasa Tirta II terus melakukan penataan dan optimalisasi aset negara di sekitar Bendungan Utama Ir. H. Djuanda di Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat. Optimalisasi aset ini dilakukan untuk mengembangkan obyek wisata Waduk Jatiluhur.

Hotel yang sebentar lagi akan diresmikan, merupakan salah satu fasilitas Kawasan Wisata Jatiluhur, selain dari fasilitas lainnya, berupa Bungalow, Hotel & Restoran Istora, Floating Resto, Jatiluhur Water Word (JWW), serta keindahan Waduk, Bendungan dan PLTA Ir. H. Djuanda.

“Hotel ini kita bangun sebagai bentuk optimalisasi pengelolaan lahan untuk mendukung kemajuan sektor Pariwisata di sekitar Waduk Jatiluhur. Setelah dibersihkan, waduk ini nampak indah sekali. Dengan berbagai fasilitas dan UMKM di sekitarnya, cocok dinikmati masyarakat sebagai sarana bermain bersama keluarga,” kata Saefudin Noer dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (14/10).

Deputi Energi Logistik Kawasan dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN Edwin Hidayat mengapresiasi Hotel di Jatiluhur yang selesai dibangun. Letaknya yang berdekatan dengan Waduk Jatiluhur memberikan nilai lain yang bisa diterima masyarakat.

"Jasa Tirta II terus berupaya menjaga Waduk Jatiluhur menjadi bersih sehingga akan memberikan pesan kepada pengunjung agar ikut memelihara sumber daya air," kata Edwin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA