Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Giring Gajah Liar, Petugas TNBBS Lampung Terluka

Senin 14 Oct 2019 19:50 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil

Gajah Lampung

Gajah Lampung

Foto: Dephut.go.id
Gajah liar masuk ke pemukiman warga.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Saat menggiring gajah liar masuk ke habitatnya, seorang petugas Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung terluka, Senin (14/10). Gajah-gajah liar masuk kampung Umbul Kuyung, Desa Sidomulyo, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Baca Juga

Keterangan yang diperoleh, Senin (14/10) petang, petugas yang mengalami luka bernama Eko Arifin. Ia tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) saat terjadi konflik gajah dan manusia di hutan TNBBS Wilayah II Liwa Resort Suoh.

Eko mengalami patah kaki saat menggiring gajah liar masuk ke habitatnya. Penggiringan gajah tersebut dilakukan di Umbul Kuyung, Sidomulyo, Semaka, Tanggamus.  “Betul bang, aku dapat info (seperti itu kejadiannya),” kata Agus, salah seorang pawang gajah (mahout gajah) saat dikonfirmasi Republika, Senin (14/10).

Gajah-gajah liar TNBBS merambah kampung warga. Satwa dilindungi tersebut mencari makan di ladang dan kebun warga. Kehadiran gajah-gajah liar tersebut sempat meresahkan warga Desa Banding Aung, dan Desa Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat.

Warga sempat melakukan pengusiran terhadap gajah-gajah liar tersebut, dengan tujuan agar gajah tidak merusak kebun, ladang, dan rumah warga. Penggiringan gajah tersebut tidak melibatkan petugas dan komando dari tim penggiringan gajah resmi dari TNBBS.

Penggiringan gajah-gajah liar dengan cara warga, menggunakan kentongan dan juga memblokade dan berteriak. Tindakan tersebut malah membuat gajah-gajah tersebut semakin mengamuk. Gajah menyeruduk tanaman warga, termasuk menyerang petugas yang berada didekatnya.

Upaya penggiringan agar gajah tidak ke kampung warga, dimulai pukul 06.00 WIB. Pagi hari dinilai warga sebelum warga ramai pada siang harinya, yang membuat gajah-gajah semakin mengamuk. Petugas berhasil menggiring gajah ke hutan TNBBS. Namun, tak berapa lama ada warga lain melakukan penggiringan dengan membunyikan kentongan, berteriak, dan memblokade jalur gajah sehingga gajak mengamuk dan menyerang petugas.

Menurut Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki, petugas telah melakukan penggiringan gajah pada pagi hari. Sekira pukul 09.00 ada warga yang juga melakukan penggiringan gajah dengan caranya sendiri menggungkan pentungan.

Ia mengatakan, gajah menjadi marah, panik, dan mengamuk lagi, lalu balik arah lagi. Petugas yang sedang menggiring gajah-gajah liar tersebut akhirnya diserang gajah melalui belalainya.

Berdasarkan keterangan TNBB, lokasi gajah berada Talang Umbul Pring, Pekon Sidomulyo, Kecamatan Semaka dengan koordinat 0428342 9409038 di sekitar Tanggamus Elektrik Power (TEP) atau di luar kawasan TNBBS dan berada di sekitar kawasan Hutan Lindung (HL) register 39 Kotaagung Utara. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA