Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Polisi Kebumen Ancam Tindak Tegas Cross-Hijaber

Selasa 15 Okt 2019 16:38 WIB

Rep: Eko Widiyatmo/ Red: Teguh Firmansyah

Cross-Hijaber

Cross-Hijaber

Foto: Facebook
Polres Kebumen perintahkan polsek-polsek untuk safari shalat jamaah di masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Petugas kepolisian Polres Kebumen, menegaskan akan menindak tegas pelaku cross-hijaber. Cross-hijaber merupakan istilah buat laki-laki yang sengaja mengenakan jilbab tertutup layaknya perempuan muslimah, namun dengan tujuan melakukan pelecehan pada kalangan muslimah.

''Saat ini, di dunia maya sedang viral fenomena cross-hijaber. Kami dari Polres Kebumen, tidak memberi toleransi bila sampai menemukan ada laki-laki yang melakukan hal itu. Akan kita tindak tegas,'' jelas Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Selasa (15/10).

Dia menyebutkan, dalam media sosial yang sedang viral, para pelaku cross-hijaber sengaja membaur dengan jamaah muslimah saat sedang melaksanakan ibadah di masjid. Hal itu terungkap dalam foto yang diunggah oleh komunitas itu.

Baca Juga

''Hal ini memunculkan sejumlah keresahan Muslimah dan juga umat Islam pada umumnya,'' katanya.

Menyikapi fenomena ini, Kapolres mengaku telah memerintahkan seluruh personelnya di kantor-kantor Polsek untuk melaksanakan safari shalat berjamaah di masjid yang ada di wilayahnya. Tujuannya, untuk memantau kemungkinan adanya komunitas crosshijaber yang melakukan hal yang tidak pantas.

''Kami tidak mau kecolongan. Melalui personel yang ada, kami akan lakukan pemantauan ke sejumlah masjid. Jangan sampai trend tersebut masuk ke Kebumen,'' katanya.

Dia menyatakan, bila ada pelaku cross-hijaber di wilayah Kebumen, pihaknya akan mengambil langkah tegas sesuai hukum yang berlaku. ''Tidak ada alasan iseng pada pelaku cross-hijaber. Mereka harus ditindak tegas karena menimbulkan keresahan pada masyarakat,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA