Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Prabowo Temui Bos Parpol Pro Jokowi, Ini Kata Puan

Selasa 15 Okt 2019 18:22 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) bersama Ketua DPR Puan Maharani (kiri) dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (kanan) memimpin rapat koordinasi di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) bersama Ketua DPR Puan Maharani (kiri) dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (kanan) memimpin rapat koordinasi di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Foto: Antara/Galih Pradipta
Puan melihat langkah Prabowo memang bisa memicu spekulasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menilai, langkah Ketua Umum Prabowo Subianto menemui parpol pendukung Joko Widodo tak ada salahnya. Namun, diakui Puan, pertemuan itu bisa saja dikaitkan dengan penyusunan kabinet.

"Saya lihatnya bukan manuver, saya lihatnya suatu silaturahmi yang dilakukan partai yang tadinya dalam pemilu bersebrangan untuk punya komitmen bersama bangun bangsa ini. Silaturahmi buat saya sesuatu yang sangat penting," ujar Puan di Kompleks Parlemen RI, Jakarta, Selasa (15/10).

Puan beranggapan, apa yang dilakukan Prabowo adalah hal wajar. Meskipun, diakui Puan, tindakan Prabowo akan memunculkan spekulasi terkait dengan penyusunan kabinet dan dinamika koalisi partai pendukung pemerintahan Jokowi.

"Jadi silaturahmi boleh saja dihubungkan dengan kabinet, bisa juga dilakukan karena memang ingin silaturahmi bangun bangsa ke depan," kata Puan.

Terlepas dari itu, Ketua DPR RI itu menyatakan penyusunan kabinet tetap menjadi prerogatif Jokowi. Terlebih, Jokowi akan segera dilantik pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Baca Juga

"Setelah pelantikan presiden, tentu saja akan ada pelantikan kabinet, setelah pelntikan kabinet artinya negara ini sudah harus mulai bekerja jadi pemerintahannya juga sudah hrus mulai bekerja," ujar dia.

Puan sendiri tak mau berspekulasi dengan kemungkinan Gerindra bergabung dengan pemerintahan. Namun, Puan mengatakan, bagiamana pun, membangun bangsa memang harus menjadi bagian pemerintahan "Jadi membangun bangsa ini tidak bisa di luar, namun harus di dalam pemerintahan, jadi ya kita lihat saja," ujar dia.

Prabowo Subianto telah menemui semua Ketua Umum parpol koalisi pendukung Jokowi. Prabowo menemui Ketum Golkar Arilangga Hartarto pada Selasa (15/10).

Sebelumnya, Prabowo bertemu Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri 24 Juli 2019 lalu. Megawati menjamu Prabowo di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Hampir sebulan kemudian, Prabowo bertemu dengan Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. Suharso menyambangi kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Pada Ahad (13/10), Prabowo menemui Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh di Kediaman Paloh, Permata Hijau, Jakarta Barat. Lalu pada Senin (14/10) sore, Prabowo bertemu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, alias Cak Imin. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor DPP PKB yang terletak di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA