Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Kemenpora Gelar Penjurian Wirausaha Muda Terbaik

Rabu 16 Oct 2019 01:03 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Penjurian Pemilihan Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019.

Penjurian Pemilihan Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019.

Foto: Istimewa
Final penjurian digelar pada 15 sampai 19 Oktober.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah proporsi wirausaha dari penduduk suatu bangsa menjadi indikator daya saing suatu bangsa. Upaya peningkatan wirausaha muda dapat dicapai melalui perbaikan ekosistem pengembangan kewirausahaan menjadi lebih baik dan kondusif. Perbaikan ekosistem dilakukan melalui penyediaan peningkatan kapasitas, penyediaan akses infrastruktur, akses permodalan, promosi dan apreasiasi.

Untuk mendukung hal tersebut Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan final penjurian Pemilihan Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada 15 sampai dengan 19 Oktober 2019 di Hotel Ciputra, Jakarta Barat.

Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019 ini merupakan kegiatan pemberian apresiasi bagi Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Muda yang dianggap telah berhasil. Mereka memiliki prestasi baik dalam menjalankan usahanya serta mampu menggerakkan pemuda lainnya yang memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan komunitassekitarnya.

Baca Juga

Apresiasi ini bukan hanya ajang kompetisi wirausaha muda dan penggerak namun juga ajang mengevaluasi kinerja dan prospek bisnis yang dirintis. Hal lain yang penting dari ajang ini adalah sebagai media mengembangkan jejaring bisnis. Selain itu, pemenang akan meraih hadiah sebagai untuk tambahan modal atau hal lainnya. Kemenpora ingin menjadikan event apresiasi ini sebagai upaya penguat ekosistem pengembangan kewirausahaan nasional bersamaan dengan upaya segenap stakeholder.

Ada 6 (enam) kategori bidang usaha untuk Pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi. Enam kategori itu yakni Pertanian dan kelautan, Industri Kreatif, Industri Pangan dan kuliner, Perdagangan dan Jasa, Sociopreneur, Teknopreneur dan 1 kategori Penggerak Wirausaha Berprestasi. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 490 juta dengan juara 1,2,3 per bidang usaha.

Pendaftaran ini dimulai sejak Awal Juli sampai 31 Agustus 2019 melalui situs www.wirausahaberprestasi.kemenpora.go.id. Jumlah Pendaftar sebanyak 258 peserta  terdiri dari 247 online dan 11 pendaftar offline. Kategori pendaftar menurut jenis kelamin 43 perempuan dan 215 pria.

Para pendaftar yang terpilih sebagai finalis telah melewati tahap seleksi proposal dan verifikasi lapangan. Peserta yang mendaftar berasal dari berbagai provinsi di Indonesia mulaidari Aceh sampai dengan Papua.

Para pemenang dapat berpartisipasi dalam event–event kewirausahaan tingkat nasional dan internasional, berkesempatan mengikuti training dan workshop kewirausahaan, memperluas jaringan bisnis, dan mendapatkan kemudahan akses permodalan di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pemberian Penghargaankepada para pemenangakan dilaksanakan pada Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2019.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA