Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Polda Jabar Jaga Situasi Kondusif Jelang Pelantikan Presiden

Rabu 16 Oct 2019 13:07 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

Adakah ancaman menjelang pelantikan presiden? Ini langkah Polda Jawa Barat

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Polda Jawa Barat melakukan sejumlah langkah pengamanan dalam rangka menjaga situasi kondusif jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada 20 Oktober 2019 nanti. 

"Dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Polda Jawa Barat lakukan langkah-langkah," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudo di Mapolrestabes Bandung, Selasa (15/10/2019).

AYO BACA : Kapolda Jabar Kenalkan Berlalu Lintas yang Baik Sejak Dini

Truno mengatakan secara geografis Jawa Barat merupakan berbatasan dengan Jakarta. Sehingga diperlukan adanya langkah antisipasi guna menjaga tetap kondusif.

Mulai dari langkah preemtif, dengan memberikan imbauan dan mengedukasi masyarakat tentang peran dan partisipasi aktif dalam menjaga ketertiban lingkungan sekitar.

AYO BACA : Amankan Pelantikan Presiden, TNI AD: Kami Siapkan Seluruh Kekuatan

"Lalu secara rutin meningkatkan kegiatan rutin preventif atau pencegahan dengan patroli gabungan polisi dan TNI," kata Truno.

Selain meningkatkan penjagaan, pihaknya rutin bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh keagamaan dan masyarakat serta stakeholder untuk menciptakan keanaman dan ketertiban di Jawa Barat. 

"Pada hari H (hari pelantikan) kami melakukan antisipasi yang dapat ganggu Kamtibmas. Kami akan lakukan mulai dari preemtif, preventif dan penindakan secara persuasif dilihat dari ancamannya," ucapnya. 

Sementara itu, terkait izin unjuk rasa atau menyampaikan aspirasi di muka umum, Truno mengimbau untuk tidak melakukannya sementara waktu. 

"Untuk demo, sudah diatur dalam UU Nomor 9 tahun 1998. Sah-sah saja dalam hal ini dalam koridor atau aturan yang berlaku pada UU tersebut atau aturan yang mengikat untuk ketertiban. Sejauh ini sudah diimbau tidak melakukan itu," pungkasnya.

AYO BACA : 30.000 Personel TNI-Polri Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA