Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Lima Prodi UMY Raih Akreditasi A

Rabu 16 Oct 2019 16:10 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMY.

Kampus UMY.

Foto: Wahyu Suryana.
UMY menargetkan 24 prodi berakreditasi A dari total 41 prodi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Lima program studi (prodi) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) 2019. Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMY, Suranto mengatakan, hasil tersebut merupakan target UMY dalam meningkatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

Yang mana, telah direncanakan hingga 2022. Kelima prodi tersebut yakni Magister Ilmu Hubungan Internasional (MIHI), Prodi Ilmu Hubungan Internasional dan akreditasi A dari LAM-PTKes 2019 meliputi Program Studi Pendidikan dan Profesi Dokter Gigi, Prodi Pendidikan dan Profesi Dokter, serta Prodi Pendidikan dan Profesi Keperawatan.

Suranto menambahkan adanya kenaikan skor peningkatan dari akreditasi B yang kemudian mendapat akreditasi A. Di antaranya Prodi MIHI, Prodi Pendidikan Dokter, dan Prodi Profesi Dokter Gigi. "Seperti MIHI mendapatkan skor 366, Pendidikan Dokter mendapatkan skor 364, dan Profesi Dokter Gigi mendapat skor 367," katanya, Rabu (16/10).

Selain kenaikan skor tersebut, ada juga yang masih bertahan mendapatkan akreditasi A. Yakni Prodi Pendidikan dan Profesi Keperawatan dengan skor 372 pada segi pendidikan keperawatan dan 373 pada segi profesi keperawatan.

Sesuai target AIPT hingga 202, lanjutnya, UMY menargetkan 24 prodi berakreditasi A dari total 41 prodi. Meningkatkan jumlah prodi yang terakreditasi A tersebut juga sebagai syarat agar AIPT di UMY menjadi unggul.

"Oleh karena itu BPM UMY diamanahkan untuk melakukan pencapaian akreditasi minimal separuh dari keseluruhan program studi yang ada di UMY," ujarnya. 

Dengan begitu, katanya, BPM UMY menyusun strategi rancangan melalui pemetaan prodi dalam pembinaan akreditasi. Termasuk membuat daftar prodi dengan akreditasi yang akan berakhir dan bertahan.

"Yang kemudian nantinya akan didampingi sebelum upload ke BAN-PT dan LAM PTKes dengan mencapai target skor minimal 361," tambahnya.

Ia menjelaskan, tiap prodi memiliki kekhasan masing-masing dalam pencapaian indikator yang disesuaikan dengan BAN-PT. Seperti visi dan misi yang menonjolkan keunggulan tiap prodi serta menonjolkan internasionalisasi yang disinkronkan dengan program tiap prodi.

“Dilihat dari tata kelola penjaminan mutu masing-masing prodi, prestasi mahasiswa, kurikulum dan kontribusi alumni serta sumber daya dosen tetap dan sarana dan prasarana, serta riset, pengabdian dan kerja sama merupakan indikator dari BAN-PT," ujar dia.

Untuk mencapai indikator tersebut, katanya, UMY memberikan dorongan penuh kepada semua prodi. Seperti mendorong dosen untuk melakukan riset satu tahun sekali dan mendorong dosen untuk rutin melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA