Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Ridwan Kamil Bawa Investasi Asing Rp 100 Triliun

Kamis 17 Oct 2019 05:45 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

RK mengatakan pada 2020 investasi di Jabar diharapkan melebihi Rp 200 triliun.

BANGKOK, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jabar meraih komitmen investasi senilai Rp 100 triliun berupa proyek-proyek industri dari sejumlah negara dan perusahaan teknologi raksasa dunia.   

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), kepada ayobandung usai mendapatkan penghargaan Inspirational Leader di kawasan Asia Pasifik dalam GovInsider Innovation Awards 2019 di Markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Asia Pasifik di Bangkok, Thailand, Rabu (16/10/2019).

Emil mengatakan tahun 2020 investasi di Jabar diharapkan melebihi Rp200 triliun. Sebagai gambaran untuk tahun 2018 saja, investasi di Jabar sudah mencapai Rp160 triliun. 

Investasi ini akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja baru yang diperkirakan jumlahnya mencapai 100 ribu orang.

Hal ini merupakan pencapaian luar biasa bagi Pemprov Jabar. 

Emil menjelaskan, investasi ini akan diwujudkan dalam waktu dekat berupa proyek-proyek kongkret.

AYO BACA : Ridwan Kamil Sabet Penghargaan Inspirational Leader di Asia Pasifik

Di waktu bersamaan, dalam pertemuan dengan delegasi dari Pemerintah Inggris, Emil mendapatkan kepastian investasi senilai Rp50 triliun rupiah. Bantuan tersebut akan cair jika jasa dan konten melibatkan pemerintah Inggris mencapai 25%.

Di sela-sela acara, Emil pun melakukan pembicaraan dengan Vice President Architectures Asia Pacific, Japan & China Cisco, Vish Iyer. 

Dalam perbincangan tersebut, Cisco menyatakan akan memberikan hibah sebesar 3 juta dolar AS atau setara Rp42,5 miliar kepada Pemprov Jabar untuk program smart city dalam bentuk barang dan asistensi teknologi.

Emil menjelaskan lebih lanjut, investasi yang diberikan terutama di bidang teknologi dan pengembangan untuk masyarakat pedesaan. Misalnya untuk masyarakat nelayan dan petani.

Dengan teknologi tersebut, diharapkan perekonomian desa bisa bergerak lebih cepat dan masif. Penjualan produk dari desa bisa merambah dunia internasional, seperti yang sudah dilakukan dengan Tokopedia. Selain program bagi warga pedesaan, akan dikembangkan pula mitigasi dan solusi bencana alam serta hal yang menyangkut surveillance atau pengawasan seperti cctv terintegrasi, parkir, dan solusi kemacetan.

Selain dengan Vish Iyer, Emil pun membicarakan sejumlah hal penting lainnya dengan Goh Seow yang merupakan Executive Director, Global Policy and Government Affairs, Asia Pacific, Cisco. Emil juga bertemu dengan delegasi dari negara-negara Amerika Latin dan wakil dari Amazon. 

Emil berharap bantuan tersebut dapat segera terwujud dan dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan warga dalam mewujudkan visi Jabar Juara.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA