Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Depok Terima Bantuan Normalisasi Tiga Situ Senilai Rp 24 M

Rabu 16 Oct 2019 20:17 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Warga mencuci pakaian menggunakan air di situ (ilustrasi)

Warga mencuci pakaian menggunakan air di situ (ilustrasi)

Foto: Antara/Novrian Arbi
Ketiga situ itu adalah Situ Sawangan, Situ Rawa Besar dan Situ Pladen.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Untuk membantu merawat dan me normalisasi situ -situ agar dapat mengantisipasi banjir di Jakarta, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menormalisasi tiga setu sebesar Rp 24 miliar. "Ada tiga situ yang dinormalisasi dan direvitalisasi oleh DKI Jakarta yakni situ sawangan , Situ Rawa Besar dan Situ Pladen. Staemua air situ ini mengalir ke Jakarta," ujar Kepala Dinas PUPR Depok Dadan Rustandi di Balai Kota Depok, Rabu (16/10).
 
Menurut Dadan, bantuan ini sebagai langkah penanganan banjir di wilayah Jakarta. Sebab, air hujan dan kiriman dari Bogor bisa ditampung terlebih dahulu di situ-situ yang ada di Kota Depok.
 
Anggaran yang diberikan Pemprov DKI Jakarta yakni untuk Situ Rawa Besar mendapat dana sebesar Rp 9, 3 miliar. "Dana ini diperuntukan untuk penurapan dan jogging trak sebesar Rp 2,6 miliar dan normalisai Rp 7, 1 miliar," jelas Dadan.

Baca Juga

"Situ Sawangan mendapat dana Rp 13, 8 miliar dengan rincian untuk normalisasi Rp 10, miliar dan penurapa serta jogging trak area situ sebesar Rp 3 miliar. Setu Pladen dilakukan penataan area situ sebesar Rp 1, 9 miliar seperti penurapan, jogging trak dan saluran," ungkap Dadan.

Saat ini, Situ Rawa Besar di wilayah Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok terlihat sudah mulai dikerjaan revitalisasi dan normalisasi situ. "Sudah dikerjakan," ucap Dadan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA