Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

2 Tahun Pimpin Jakarta, Anies Klaim Sudah Lakukan Perbaikan

Kamis 17 Oct 2019 08:18 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Foto: Republika TV/Surya Dinata
Anies mengklaim ada empat belas program unggulan yang telah dijalankan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim selama dua tahun memimpin Jakarta sudah ada perbaikan di Ibu Kota. Secara keseluruhan Anies mengklaim ada empat belas program unggulan yang telah dijalankan. Diantaranya soal penataan trotoar, integrasi transportasi, pembangunan taman kota, pengadaan rumah DP 0 Rupiah, pembagian kartu kesejahteraan, distribusi pangan murah, perlindungan perempuan dan anak.

Kemudian Anies juga telah menggelar beragam acara bergengsi di Jakarta, program makanan tambahan untuk anak sekolah, perluasan penerima manfaat penggratisan pajak bumi dan bangunan, pengaspalan jalan kampung, aksesibilitas Pulau Seribu hingga hibah untuk Guru PAUD.

Anies memberi contoh, soal pengelolaan transportasi di Jakarta, dalam program Jaklingko. Ia mengatakan integrasi transportasi di Jakarta mulai terlihat progresnya. Ekosistem transportasi yang dibangun diklaim lebih sehat. Misalnya, pengelolaan Transjakarta yang diserahkan pada pihak ketiga hingga kontrak angkot-angkot di Jakarta yang dibayar berdasarkan kilometer.

"Jadi dengan cara seperti itu maka kita lebih fokus pada pelayanan, bukan fokus pada operasi pengelolaan. Jadi kalau ada bus mogok, macet, dia langsung diganti oleh penyedianya. Bila mereka tidak berhasil itu menjadi catatan dari kita dan bisa tidak diteruskan kontraknya. Itu membuat pekerjaan jauh lebih efisien," jelas Anies.

Selain soal transportasi, fasilitas trotoar dan integrasi transportasi, semakin lengkap dengan keberadaan taman kota. Pemprov DKI telah mencanangkan program 60 Taman Maju Bersama (TMB) sejak 2017 sampai 2019, dengan target 200 Taman Maju Bersama hingga 2022. Taman ini menyediakan fasilitas, seperti lapangan olahraga, lapangan multifungsi, gedung serbaguna, gazebo, zona Apotik hidup, area senam hingga jogging track.

Dalam hal pengadaan rumah layak dan terjangkau, Anies mengklaim pada 2019 rumah DP 0 Rupiah di Nuansa Pondok Kelapa selesai dibangun dengan jumlah sebanyak 780 unit. Dengan kisaran harga cicilan Rp1.1 – 2.2 juta per bulan selama 20 tahun, warga sudah bisa mendapatkan rumah untuk tipe studio, 1 kamar maupun 2 kamar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA