Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Jokowi Antusias Baca Bocoran Nama-Nama Menteri Kabinetnya

Kamis 17 Oct 2019 10:40 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani

Pengunjung mengamati poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin di salah satu kios figura di Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (16/10/2019).

Pengunjung mengamati poster Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin di salah satu kios figura di Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (16/10/2019).

Foto: Antara/Maulana Surya
Jokowi memastikan segera mengumumkan susunan kabinetnya setelah dilantik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah menerima beberapa versi bocoran nama-nama menteri yang akan masuk dalam kabinet di pemerintahannya nanti. Ia pun antusias membaca nama-nama tersebut.

Baca Juga

"Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran," tulis Jokowi dalam akun resmi Instagram-nya, Kamis (17/10).

Jokowi memastikan, ia telah menyelesaikan susunan nama-nama menteri di dalam kabinet periode keduanya nanti bersama Ma'ruf Amin. Susunan menteri kabinet tersebut akan segera diumumkannya setelah pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober mendatang.

"Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan presiden dan wakil presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya," ungkapnya.

Jokowi meminta masyarakat agar bersabar menunggu pengumuman resmi nama-nama menterinya nanti. Menurutnya, masih banyak orang yang memiliki kemampuan dalam memimpin kementerian maupun lembaga serta bersedia mengabdi pada negara.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi; akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," ungkap Jokowi.

Seperti diketahui, bocoran daftar lengkap nama-nama calon menteri beredar di media sosial. Sebagian nama tersebut sudah dikenal oleh publik, tetapi beberapa nama lainnya masih asing terdengar.

Nama-nama yang masuk dalam kabinet periode kedua Jokowi-Ma'ruf Amin di antaranya seperti Budi Gunawan, Moeldoko, Darmin Nasution, Sri Mulyani, Harkristuti Harkrisnowo, Ignasius Jonan, Agus Harimurti Yudhoyono, Bustanul Arifin, dan lainnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA