Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Janin Bayi Dalam Kardus Ditemukan di Parit

Kamis 17 Okt 2019 10:57 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

Garis polisi.   (ilustrasi)

Garis polisi. (ilustrasi)

Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Bayi 2 bulan terbungkus kardus diduga hasil aborsi gegerkan warga Banyuwangi.

jatimnow.com - Penemuan janin bayi usia sekitar 2 bulan terbungkus kardus diduga hasil aborsi gegerkan warga Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Kamis (17/10/2019) dini hari.

Janin bayi itu ditemukan warga, tepatnya di parit dekat pagar wisata Alam Indah Lestari (AIL).

Saksi mata Misran (55), menceritakan awalnya penemu janin bayi itu adalah dua orang pemuda yang saat itu hendak buang air kecil.

Tidak jauh dari lokasi, mereka melihat sebuah kardus di dalam pagar taman wisata AIL sebelah timur.

Merasa curiga, keduanya memutuskan untuk membukanya. Karena merasa ketakutan, mereka memutuskan untuk mengubur janin bayi yang ditemukan.

"Namun selesai dikubur, pemuda itu tetap merasa ketakutan dan akhirnya melapor ke warga," ucap Misran.

Kapolsek Rogojampi, Kompol Agung Setyo Budi melalui Kanit Provost, Ipda Joko Mulyono yang mendapat laporan melakukan penggalian untuk memastikan.

Didampingi petugas medis, bayi yang terbungkus kardus itu akhirnya dapat diangkat ke permukaan.

"Kami masih melakukan penyelidikan. Kini janin yang telah meninggal itu dititipkan di Puskesmas Gitik dan nantinya akan dikuburkan sebagaimana layaknya," ungkap Joko.

Dokter Puskesmas Gitik, Nastiti menjelaskan berdasarkan pemeriksaan di TKP bersama polisi diketahui janin tersebut telah berusia sekitar 8 minggu atau sekitar 2 bulanan.

"Janin yang ditemukan masih berupa kepala dan badannya saja dengan berat sekira seperempat ons atau 200 gram. Untuk jenis kelamin masih belum kelihatan karena masih bentuk embrio," ujarnya.

Saat ini, polisi melakukan penyelidikan terkait temuan itu untuk mengungkap apakah pembuangan janin bayi itu merupakan hasil aborsi atau disebabkan faktor lain.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA