Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Satpol PP Padang Diuji Hafalan Pancasila dan Surah Alquran

Selasa 08 Oct 2019 12:26 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nur Aini

Satpol PP (ilustrasi)

Satpol PP (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi
Baca Pancasila dan surah Alquran jadi tes kemampuan mental spiritual Satpol PP Padang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang Al Amin, menggelar tes kemampuan mental dan spiritual anggota pleton yang bertugas sehari-hari di lapangan. Al Amin melakukan tes sebagai bentuk evaluasi delapan bulan ia bertugas di Satpol PP Padang.

Baca Juga

Al Amin menggelar tes hafal untuk pasukan Satpol PP Padang dengan membaca Pancasila, pembacaan surat-surat pendek Alquran, dan beberapa peraturan daerah (Perda).

"Tentu ini menjadi tanggung jawab dan tugas kita ke depannya, selain dalam melakukan penegakan Perda, tentu perlu juga pelatihan-pelatihan bagi anggota dalam pemahaman perundang-undangan serta penyiraman rohani, agar apa yang dikerjakan di lapangan menjadi amal ibadah," kata Al Amin, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (8/10).

Al Amin menjelaskan masih ada beberapa anggota mereka di lapangan yang kurang memahami aturan-aturan yang sudah ada. Hal itu termasuk kurang paham dalam urusan rohani.

Al Amin melakukan tes kepada anggotanya dengan menguji bacaan Pancasila, surat-surat pendek, dan sejumlah Perda saat apel bulanan pasukan, yang dilaksanakan di Markas Komando Satuan Polisi Pamong Praja, Jalan Tan Malaka No 3c Kota Padang kemarin, Senin (7/10). Al Amin menyebut meski ada yang terbata-bata namun semua yang disuruh mampu melafaskan dengan benar. Setiap anggota yang benar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan Kasat Pol PP tersebut, langsung diberikan hadiah.

Kasat Pol PP Padang mengatakan ia melakukan tes tersebut sebagai upaya membangunkan dan mengingatkan anggotanya agar tidak lupa dengan hal-hal mendasar dalam melaksanakan tugas.

"Kita hanya membangunkan anggota yang terlupa dalam ketentuan-ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti Perda dan Perwako yang mana itu tugas yang dijalani anggota setiap hari di lapangan dan mengingatkan anggota dalam setiap tindakan harus diawali dengan niat yang ikhlas, Insya Allah semua pekerjaan yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan aman," ucap Al Amin.

Al Amin juga mengingatkan personel Satpol PP Padang agar melaksanakan tugas dengan profesional dengan mengutamakan tindakan persuasif dan humanis.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA