Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

434 Mahasiswa UMP Mendapat Beasiswa

Kamis 17 Oct 2019 16:44 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: wordpress.com
Setiap penerima beasiswa diwajibkan membuat Program Kreativitas Mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, yang mendapat beasiswa pada tahun 2019, tergolong cukup banyak. Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA), Agus Mulyadi MP mengungkapkan khusus tahun 2019 ini, ada sebanyak 434 mahasiswa UMP yang mendapat beasiswa.

''Beasiswa yang diterima berasal dari berbagai sumber,'' jelasnya, dalam acara pembekalan mahasiswa penerima beasiswa di Gedung Rektorat UMP, Kamis (17/10).

Secara rinci, kata Agus, sumber program beasiswa yang diterima para mahasiswa saat ini terdiri dari beasiswa (Peningkatan Prestasi Akademik) PPA DIKTI sebanyak 176 mahasiswa, PPA UMP, BBM UMP, mahasiswa asal Palu, program beasiswa anak yatim, mahasiswa tidak mampu, dan kader Muhammadiyah.

Jumlah tersebut, menurut Agus, masih belum termasuk mahasiswa berprestasi, beasiswa Thailand, dan beasiswa dari program bidikmisi 2019. ''Untuk program beasiswa lainnya, masih dalam proses. Namun untuk program beasiswa bidikmisi, UMP mendapat kuota sebanyak 76 mahasiswa,' jelasnya.

Ia berharap, program beasiswa yang diperoleh para mahasiswa tersebut, bisa  meningkatkan semangat dalam meraih prestasi baik bidang akademik maupun non akademik. ''Dari sekian banyak mahasiswa UMP kalian adalah termasuk kelompok yang beruntung, bisa terpilih menerima beasiswa,'' jelasnya.

Agus juga menyatakan, beasiswa dari berbagai elemen tersebut adalah rekomendasi dari rektor UMP. Untuk itu, dia meminta ada timbal-balik dari mahasiswa untuk UMP. ''Setiap penerima beasiswa diwajibkan untuk membuat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), di mana setiap penerima beasiswa harus menjadi ketua dalam PKM tersebut,'' jelasnya.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho menambahkan, program beasiswa yang diupayakan UMP dari berbagai sumber, diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berprestasi lebih baik lagi. ''Selama ini, sudah ada cukup banyak program beasiswa yang bisa diperoleh mahasiswa UMP,'' kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA