Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Cegah Longsor, Pemkab Trenggalek akan Tanam Bambu & Beringin

Kamis 17 Oct 2019 20:43 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (dua dari kanan)

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin (dua dari kanan)

Bambu dan beringin juga untuk menyelamatkan sumber mata air.

jatimnow.com - Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berencana menanam bambu dan pohon beringin di musim penghujan nanti. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan sumber mata air yang ada, sekaligus upaya menanggulangi bencana longsor.

Wacana itu diungkapkan Bupati Nur Arifin setelah menghadiri apel gelar pasukan Operasi Mantab Brata Semeru tahun 2019 di Mapolres Trenggalek, Kamis (17/10/2019). Bupati Nur Arifin menyebut, penanaman bambu dan beringin akan dilakukan di daerah yang dialiri sungai. Hal itu untuk mencegah terjadinya bencana longsor, yang sering terjadi saat memasuki musim penghujan.

"Kita akan lakukan antisipasi dengan menanam rumpun bambu dan beringin di daerah kritis saat musim penghujan. Kemarin kita sudah berkoordinasi dengan warga di daerah hutan yang kesulitan pupuk dan bibitnya sudah ada," ujar Bupati Nur Arifin, Kamis (17/10/2019).

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menambahkan, dalam apel gelar pasukan ini mereka juga melakukan pengecekan personil terkait persiapan penangulangan bencana. Sebab wilayah Trenggalek dianggap sangat rawan bencana banjir maupun longsor saat musim penghujan.

"Forkompimda Trenggalek telah melakukan pengecekan kesiapan anggota personel gabungan sekaligus kesiapsiagaan penanggulangan bencana, baik secara personel maupun sarana dan prasarana menghadapi musim pancaroba," tambahnya.

Polisi terlibat aktif dalam berbagai penanganan bencana di Trenggalek. Mereka juga ikut menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah daerah yang terkena bencana kekeringan. Dari`data terakhir, terdapat 47 desa di Trenggalek yang mengalami krisi air bersih.

"Saat ini kami memang fokus terhadap bencana tersebut, agar ada sinkronisasi antara tangki yang kita miliki dan PDAM sehingga pendistribusian air bisa tepat sasaran," ucap dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA