Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Warga di Lereng Pegunungan Wonogiri Dapat Bantuan Air

Sabtu 19 Okt 2019 00:07 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani

Relawan Sigab Solopeduli mengirim bantuan air bersih dengan total 56 ribu liter untuk tiga kecamatan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/8).

Relawan Sigab Solopeduli mengirim bantuan air bersih dengan total 56 ribu liter untuk tiga kecamatan di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (28/8).

Foto: dok. Solopeduli
Total bantuan air bersih mencapai 17.000 liter yang akan disalurkan secara bertahap.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Warga Desa Hargantoro, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, yang tinggal di lereng-lereng pegunungan, menanjak dan curam mendapatkan bantuan air bersih dari Solopeduli, Jumat (18/10). Total bantuan air bersih mencapai 17.000 liter yang akan disalurkan secara bertahap.

Aksi penyaluran air bersih tersebut dilakukan Solopeduli bekerja sama dengan RS Medika Mulya. Penyaluran ini hadiri Direktur RS Medika Mulya, Swastika Tri Maharani.

Salah satu pegawai Solopeduli area Wonogiri, Yayan, mengatakan, pendistribusian air bersih tersebut dilakukan dengan menggunakan thorn atau tampungan air yang dinaikkan ke atas truk berukuran sedang. Batas maksimal berat air 2 ton per 2.000 liter per truk.

"Perjuangan untuk mengantarkan air bersih ke Desa Hargantoro cukup berat karena medan yang ekstrem dan jarak pemerintahan desa menuju desa mencapai 4 kilometer," kata Yayan seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di Dusun Janganti sebanyak dua truk dengan total 4.000 liter. Sedangkan sisanya akan disalurkan secara bertahap.

Air bersih tersebut disalurkan ke penampungan-penampungan warga. Total bantuan air bersih yang akan disalurkan sebanyak 17.000 liter yang akan dilakukan secara bertahap. Total sementara penerima manfaat di Dusun Janganti sebanyak 72 Kepala Keluarga.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar, warga disini juga sangat antusias menyambut kegiatan ini," imbuh Yayan.

Ketua RT setempat, Darto, mengaku memiliki dua sumur tetapi sudah kering semua. "Alhamdulillah ini dapat bantuan dari Solopeduli, terima kasih banyak Solopeduli sudah membantu warga kami," ucap Darto.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA