Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Wapres China Hadiri Jamuan Makan Malam Wali Kota Solo

Jumat 18 Oct 2019 23:11 WIB

Red: Andri Saubani

Wang Qishan (tengah) dan Xi Jinping (kiri).

Wang Qishan (tengah) dan Xi Jinping (kiri).

Foto: AP
Wapres Wang Qishan juga dijadwalkan menghadiri pelantikan Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wakil Presiden Republik Rakyat China (RRC) Wang Qishan menghadiri makam malam bersama Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, di rumah dinas Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10) malam. Wapres RRC bersama rombongan datang langsung menuju ke Joglo Loji Gandrung disambut oleh Wali Kota Surakarta Rudyatmo dan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, untuk mengadakan jamuan makan malam.

Wapres RRC dalam jamuan makam malam dihibur dengan Tari Gambyong untuk menyambut para tamu dan lagu keroncong legendaris ciptaan Gesang, yakni Bengawan Solo. Wapres Wang Qishan hadir di Indonesia untuk menyaksikan pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta, pada 20 Oktober mendatang. Wapres itu berkesempatan datang ke Solo dan Museum Manusia Purba Sangiran Sragen.

Menurut Wagub Jateng Taj Yasin pada jamuan makan malam, Wapres RRC tersebut terkesan dengan lagu Bengawan Solo, dan mengaku teringat saat datang ke Solo pada 1960, ketika itu usianya baru 10 tahun. Menurut Taj Yasin, pihaknya berharap keterbukaan dan keramahan warga Jateng, khususnya Solo akan menjadi cerita indah dan oleh-oleh istimewa bagi warga China.

Taj Yasin mengatakan, di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Jateng, ada wilayah pecinan, sehingga akan memudahkan warga RRC yang datang ke wilayahnya dalam berakulturasi kebudayaan hampir sama. Wapres RRC sebelum menghadiri jamuan makan malam bersama Wali Kota Surakarta, juga ke Museum Sangiran dan kemudian mampir ke Taman Bendung Karet Tirtonadi Solo.



sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA