Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Helikopter Jadi Tontonan Warga di Monas

Sabtu 19 Oct 2019 09:41 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Anggota Polri dan TNI mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Anggota Polri dan TNI mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Foto: Antara/Nova Wahyudi
Rencanaya akan ada 9 helikopter yang parkir di Monas hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah helikopter milik TNI Angkatan Laut mendarat di Monumen Nasional (Monas), Ahad pagi, sekitar pukul 07.34 WIB. Helikopter itu menjadi tontonan warga di kawasan salah satu ikon Ibu Kota itu.

Baca Juga

Usai mendarat helikopter tersebut parkir di samping Monas persis depan Stasiun Gambir. Warga yang beraktivitas pagi di Monas menggunakan kesempatan tersebut untuk berswafoto depan helikopter.

Menurut Budi, dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti), keberadaan helikopter di Monas bukan hal biasa. "Tidak biasanya sih, kemungkinan karena mau ada pelantikan presiden," kata Budi yang hampir setiap Minggu kumpul bersama komunitasnya di Monas.

Hal senada juga disampaikan oleh Dedi, petugas keamanan dalam Monas. Ia mengatakan keberadaan helikopter di Monas karena ada persiapan pelantikan presiden.

Menurut dia, akan ada sembilan helikopter yang akan parkir di Monas hari ini berasal dari gabungan TNI dan Polri. Dedi mengatakan, Monas tetap dibuka untuk umum pada Sabtu ini. Hanya saja ketika ada mobilisasi helikopter pihaknya membantu mengarahkan warga untuk menjauh.

"Yang kita jaga sih kalau pas helikopter mendarat karena baling-balingnya itu kan bahaya, makanya kita batasi pas lagi landing dan take off saja," kata Dedi

Sementara itu, setiap helikopter akan mendarat petugas patroli dari TNI menginformasikan kepada warga untuk menjauh dari area Monas saat helikopter mendarat. Tetapi setelah mendarat warga boleh mendekat ataupun berswafoto di depan kendaraan operasional milik TNI tersebut.

"Dimohon kepada pengunjung untuk menjauh karena helikopter akan landing," bunyi suara dari pengeras suara mobil patroli PM yang berkeliling Monas.

Selain itu, seorang anggota TNI menggunakan sepeda motor juga berkeliling menginformasikan kepada warga untuk menjauh ke arah taman karena helikopter akan mendarat. "Enggak apa-apa agak jauh dulu saja dari Monas karena helikopter mau landing, nanti kalau sudah mendarat boleh kok mendekat," kata petugas TNI tersebut.

Mobilitas helikopter di langit Jakarta sudah terdengar dari pukul 04.48 WIB. Lalu pukul 07.35 WIB kembali helikopter terbang dan mendarat di Monas.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA