Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Perangi Renternir di Daerah, Ini Upaya OJK

Sabtu 19 Oct 2019 22:06 WIB

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

OJK menyebut ada program bank melati alias melawan renternir di Solo.

solo , joglosemar NEWS.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menerus menggenjot peningkatan program inklusi dan literasi keuangan. Salah satunya melalui pameran Solo Finansial Inclusion, Jumat-Sabtu (18-19/10/2019), di Mall Solo Paragon.

Kepala ojk solo , Eko Yunianto, menuturkan upaya peningkatan program inklusi keuangan dan literasi keuangan dilakukan guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Target inklusi keuangan khususnya di Kota Solo harus mencapai 70 persen hingga Desember 2019. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menggelar pameran industri keuangan yang terdiri dari perbankan dan non perbankan yang sudah terdaftar di OJK ini sebagai lembaga keuangan sah,” kata Eko, Jumat (18/10/2019).

Eko mengakui, pemahaman masyarakat tentang inklusi keuangan telah mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. “Beberapa perbankan seperti Bank Solo juga sudah memberikan kredit Melati (Melawan Rentenir) dengan bunga yang rendah yaitu setengah persen setiap bulan. Kemudian bank Himbara juga menberikan suku bunga KUR yang rendah 5-6 persen ini sudah baik,” tandasnya.

Selain itu, industri keuangan juga sudah mulai paham terhadap kebutuhkan masyarakat sekaligus turut membantu kondisi keuangan maupun usaha yang sedang dijalani. “Dan untuk literasi kami masih mengejar, setidaknya Kota Solo bisa sama dengan nasional yaitu diangka 35 persen. Tingkat literasi dan inklusi yang paling tinggi masih melalui perbankan,” tukasnya.

The post appeared first on Joglosemar News.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA