Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Politikus: PDIP Layak Dapat Kursi Terbanyak di Kabinet

Sabtu 19 Oct 2019 17:10 WIB

Red: Ratna Puspita

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
PDIP telah mendukung presiden terpilih Joko Widodo sejak lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan, Andreas Pareira,menilai hal yang wajar apabila partai politik yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu mendapat jatah kursi dalam kabinet paling banyak. Sebab, telah mendukung presiden terpilih Joko Widodo sejak lama.

Baca Juga

"Porsi paling banyak wajarlah sebagai partai pemenang, juga pendukung Jokowi dalam arti dia kader PDI Perjuangan, dukungan PDI Perjuangan buat Jokowi bukan baru sekarang," kata Pareira, di Jakarta, Sabtu (19/10).

PDI Perjuangan, kata Pareira, telah mendukung Jokowi sejak pemilihan wali kota Solo, kemudian pemilihan gubernur DKI Jakarta, dan konsisten dalam pemilihan presiden periode pertama serta kedua. Pada Pilkada DKI Jakarta 2012, pasangan Jokowi-BasukiPurnama diusung Partai Gerindra dan PDI Perjuangan.

Ia mengaku tidak mengetahui pasti jumlah kader PDI Perjuangan yang akan duduk dalam kabinet, meski partai berlambang banteng itu telah mengusulkan beberapa nama kepada Jokowi. "Susunan nama sudah disampaikan tinggal beliau pilih yang mana," kata Andreas.

Terkait sejumlah pertemuan pimpinan partai dengan Megawati maupun Jokowi usai pemungutan suara, menurut dia menghasilkan perkembangan dalam susunan kabinet. Terdapat kemungkinan terjadi pertambahan "warga baru" dalam koalisi.

"Pertemuan Jokowi dengan Prabowo dan Zulkifli Hasan mungkin ada perubahan peta koalisi, akan mengubah komposisi kabinet, apa berkurang porsi parpol atau nonparpol saya kira lihat ke depan," ucap Pareira.

Presiden terpilih Jokowi telah merampungkan susunan kabinet yang membantunya dalam periode kedua, serta berjanji akan segera mengumumkan nama-nama dalam susunan kabinet segera setelah sidang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2019.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA