Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Prabowo dan Sandi Tiba di Lokasi Pelantikan Presiden

Ahad 20 Okt 2019 13:30 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Teguh Firmansyah

Suasana di sekitar Kompleks Parlemen, Senayan, jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Ahad (20/10).

Suasana di sekitar Kompleks Parlemen, Senayan, jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, Ahad (20/10).

Foto: Febrianto Adi Saputro
Sandi menilai kedatangan keduanya menunjukkan keinginan bersama bangun bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno, menghadiri rangkaian Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. Keduanya tiba berbarengan menggunakan kendaraan yang sama pada Ahad (20/10) siang.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, sekitar pukul 12.45 WIB, beberapa politikus Partai Gerindra menuju ke Lobi Nusantara III. Tampak di sana, Ahmad Riza Patria, Edhy Prabowo, Ahmad Muzzani, Sugiono, Sufmi Dasco Ahmad menunggu kedatangan ketua umum partai mereka, Prabowo. Sekitar lima menit berselang, kendaraan yang mengangkut Prabowo tiba.

Terlihat Sandiaga Uno yang keluar dari pintu sebelah kiri kendaraan Alphard berwarna putih. Ia mengenakan setelan jas hitam kemeja putih dan berdasi merah kecokelatan. Sandiaga juga menggunakan peci.

"Semoga sesuai dengan rencana dan menunjukan kepada seluruh dunia bahwa kita bersama-sama ingin membangun bangsa," ujar Sandiaga tak lama setelah turun dari kendaraannya.

Prabowo keluar dari pintu yang ada di sisi sebelah kanan. Ia keluar dengan belum mengenakan jas, atasannya hanya kemeja putih. Barulah setelah turun Prabowo mengenakan jasnya dan peci. Ia langsung berjalan menuju ke dalam Nusantara III. Ia tak berbicara kepada media terkait kegiatan hari ini.

Sebelumnya Prabowo saat menerima kunjungan Pimpinan MPR RI di kediamannya menegaskan akan hadir dalam acara pelantikan Presiden. Kehadirannya sebagai bentuk menghormati sistem politik dan sistem konstitusi Indonesia.

"Saya akan hadir dalam pelantikan tersebut. Saya wajib hadir sebagai warga negara untuk menghormati sistem politik dan sistem konstitusi dan menghormati negara kita," kata Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Jumat (11/10) malam.

Dalam diskusi dengan sembilan pimpinan MPR RI, Prabowo mengingatkan bahwa semua boleh berbeda dan berdebat keras. Tapi ujungnya harus untuk kepentingan bangsa dan negara.

Menurut dia, semua pihak harus bersatu untuk kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia. MPR akan menggelar Sidang Paripurna MPR dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa jabatan 2019-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, hari ini. Sidang paripurna MPR mulai berlangsung pukul 14.30 WIB dan berakhir pada pukul 15.48 WIB.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA