Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Megawati-Hamzah Haz, SBY-Boediono Tiba Beriringan

Ahad 20 Oct 2019 15:59 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ani Nursalikah

Foto dari layar saat presiden kelima Megawati Sukarnoputri tiba Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10) saat pelantikan presiden dan wakil presiden.

Foto dari layar saat presiden kelima Megawati Sukarnoputri tiba Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10) saat pelantikan presiden dan wakil presiden.

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Mereka begitu semringah saat memasuki ruangan pelantikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden kelima Megawati Sukarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Megawati dan SBY pun beriringan saat memasuki ruang pelantikan yang digelar di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10).

Baca Juga

Megawati datang dengan didampingi putrinya yang juga Ketua DPR Puan Maharani serta wakil presiden pasangannya Hamzah Haz. Beberapa langkah di belakangnya ada SBY yang ditemani wakil presidennya Boediono.

Saat hendak menuju Gedung Nusantara yang berada di lantai tiga, Megawati dengan Puan dan Hamzah Haz berada di satu lift yang sama, sedangkan SBY bersama dengan Boediono. Keduanya juga begitu semringah saat memasuki ruangan pelantikan.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 digelar Ahad (20/10) di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan pada pukul 15.30 WIB. Prosesi pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang kemudian membuka sidang paripurna MPR.

Setelah itu, acara dilanjut dengan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR yang selanjutnya pengambilan sumpah presiden dan wakil presiden. Usai pengambilan sumpah, acara berikutnya adalah penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Momen berikutnya adalah pertukaran tempat duduk wakil presiden, dari Jusuf Kalla ke Ma'ruf Amin. Setelahnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato awal masa jabatan periode 2019-2024.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA