Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Ini Kesibukan Jokowi di Malam Pertama Usai Dilantik

Ahad 20 Oct 2019 19:01 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan

Presiden Joko Widodo berpidato usai dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2019).

Presiden Joko Widodo berpidato usai dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Ahad (20/10/2019).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Jokowi akan bertemu relawan pada Ahad malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ke Istana Negara usai mengikuti  prosesi pelantikan di Gedung MPR-DPR, Ahad (20/10) petang. Jokowi dan rombongan tiba di kompleks istana sekitar pukul 18.00 WIB.

Begitu tiba, Jokowi sempat berbicara kepada wartawan. Ia menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran TNI, Polri, dan BIN yang dianggap sukses mengamankan jalannya pelantikan hari ini.

Selain itu, Jokowi juga menyebutkan bahwa malam ini dirinya masih harus menerima sejumlah tamu kenegaraan hingga pukul 21.00 WIB. Setelahnya, Jokowi mengaku akan menemui relawan. Meski begitu, belum bisa dipastikan lokasi pertemuan Jokowi dengan relawan malam ini.

"Malam hari ini saya masih menerima beberapa wakil presiden mungkin nanti sampai jam 9. Setelah itu, ada pertemuan dengan relawan. Setelah itu ada pertemuan lagi yang lain," jelas Jokowi, Ahad (20/10).

Esok harinya, Jokowi dijadwalkan akan mengumumkan susunan kabinet yang baru. Jokowi sempat menyebut bahwa 'Kabinet Kerja Jilid II' masih akan diisi sejumlah wajah-wajah lama, meski lebih banyak wajah baru. Sedikitnya, ujar Jokowi ada 16 kursi menteri yang akan diisi oleh tokoh berlatar partai politik.

"Menteri-menteri yang telah kita pilih. Kita kenalkan setelah dikenalkan tentu saja akan segera dilantik. Nanti dikenalkan pagi, setelah itu dilantik. Bisa hari Senin, bisa hari Selasa, bisa hari Rabu," kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan akan ada perubahan nomenklatur untuk beberapa kementerian. Meski begitu ia enggan membocorkan lebih jauh. Ia meminta masyarakat sabar menunggu hingga esok hari.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA