Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Ketua PP Muhammadiyah Resmikan Tiga Unit Usaha UMP

Senin 21 Oct 2019 15:07 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: blogspot.com
Pembangunan unit-unit usaha baru UMP, dikelola dan dibiayai secara mandiri oleh UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, meresmikan tiga unit usaha baru yang dikelola Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Sabtu (20/10). Ketiga unit usaha tersebut terdiri dari Suara Muhammadiyah Corner UMP, Asrama Mahasiswa dan Coconut Research Center UMP.

Peresmian asrama UMP dilakukan di lokasi asrama Jl Raya Dukuhwaluh Purwokerto. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, potong pita dan kunjungan ruangan. Haedar berharap di asrama ini diharapkan bisa kader-kader yang mampu mengamalkan ajaran Islam yang sesuai dengan paham Muhammadiyah.

Baca Juga

''Saya berharap asrama ini bisa dikelola dengan semangat Islam berkemajuan dan paham Islam Muhammadiyah,'' katanya.

Haedar Nashir saat meresmikan ketiga unit usaha UMP tersebut, menyebutkan keberadaan unit usaha baru di lingkungan UMP ini membuktikan Muhammadiyah masih terus menjalankan semangat dan spirit Islam Berkemajuan.

''Saya sangat bangga dengan UM Purwokerto ini, yang setiap saat terus mengalami berbagai peningkatan. Budaya ini harus terus kita jaga. Apalagi dengan adanya SM Corner, semangat iqra atau tradisi literasi di lingkungan civitas akademik UMP juga harus semakin meningkat,'' ungkapnya.

Direktur Asrama Bruri Abdussalam, mengungkapkan asrama mahasiswa UMP yang baru diresmikan memiliki program unggulan Tahfidzul Qur’an 2 juz, Bilingual English and Arabic Language, kajian dienul Islam dan Kemuhammadiyahan, dan entrepreneurship and leadership.

''Di asrama ini, secara periodik juga ada kajian Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Pemikiran Islam Kontemporer, Sirah Nabawiyah, Tajwid, dan Tahsin Alquran, Fikih Ibadah, Tafsir, Hadits, Ilmu Da’wah, Akhlak, Ilmu Falak, Bahasa Inggris Dan Bahasa Arab,'' ucap dia.

Biaya asrama bagi mahasiswa UMP, dibayarkan setiap semester. Khusus mahasiswa program kader Muhammadiyah, hanya dikenakan biaya asrama Rp 200 ribu per orang per bulan. Sedangkan Suara Muhammadiyah (SM) Corner berada di lingkungan kampus I UMP.

''SM Corner di UMP ini merupakan SM Corner ke-47 di seluruh Indonesia,'' jelas Direktur Suara Muhammadiyah Deni Asy’ari.

Peresmian Coconut Research Center, dilaksanakan di kompleks Science Techno Park Kampus I UMP. ''Di  pusat penelitian kelapa ini, nantinya bakal ada berbagai macam varietas kelapa yang akan dikembangkan,'' ucap Rektor UMP Anjar Nugroho.

Anjar Nugroho, menyebutkan pembangunan unit-unit usaha baru UMP, dikelola dan dibiayai secara mandiri oleh UMP. ''Dengan semangat kemandirian ini, UMP akan terus menjadi pelopor dalam membangun lingkungan kampus yang sesuai dengan semangat Islam berkemajuan,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA