Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Bupati Karawang Minta Orangtua Awasi Anak Main Gadget

Senin 21 Oct 2019 14:17 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Foto: Dok Diskominfo Karawang
Orang tua harus mengikuti perkembangan zaman.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menilai perkembangan teknologi saat ini menjadi tantangan dalam tumbuh kembang anak. Era digital membuat orangtua harus ekstra hati-hati dalam mendidik anak-anaknya. Anak-anak memiliki sumber informasi baru dari internet maupun teman-temannya karena mereka tersambung melalui internet.

"Sekarang ini tantangannya, orang tua harus lebih aktif. Orang tua harus menjadi seorang tokoh utama untuk anaknya," kata Cellica dalam siaran persnya saat membuka Seminar Pendidikan Tahun ke-11 Yayasan Pendidikan AIMadani Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Ahad (20/10).

Bupati mendorong orangtua harus awasi ketat penggunaan gadget pada anak. Di tengah kesibukan, orang tua tidak memiliki alasan untuk tidak mempunyai kualitas hubungan terhadap anakanaknya. Dengan demikian gadget yang dipegang menjadi alat edukatif bukan menjadi merusak.

Selain itu kata dia, tantangan besar bagi orang tua jaman sekarang dalam mendidik anak adalah agar mereka punya akhlak dan moral yang baik. Karena berkembangnya teknologi yang demikian pesat.

Menurut bupati, orang tua harus mengikuti perkembangan zaman. Untuk yang anaknya sudah agak besar dan mulai kenal internet dan pegang handphone, para orang tua juga harus menguasai cara berinternet dengan cara diskusi dengan mereka, dan ajak anak untuk menggunakan internet dengan bijak.

“Pada dasarnya mendidik itu tidak bisa dilakukan orang tua sendiri tapi harus kerjasama dengan orang tua Iainnya dan pihak Iainnya, harus ada korelasi dan komitmen bersama," ujarnya.

Seminar Parenting dengan tema “Menjadi Sahabat Anak Digital” itu menghadirkan narasumber Cahyadi Takariawan dan Nur Laila yang merupakan pasangan suami istri berprofesi sebagai penulis. Seminar ini diikuti oleh orangtua murid dan para guru serta seluruh siswa Yayasan Pendidikan Al -Madani.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA