Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Lereng Gunung Argopuro dan Tengger di Probolinggo Terbakar

Senin 21 Okt 2019 23:23 WIB

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com

.

.

Hutan di lereng Gunung Argopuro dan Pegunungan Tengger terbakar.

jatimnow.com - Hutan dan lahan yang berada di lereng Gunung Argopuro dan Pegunungan Tengger yang berada di wilayah Probolinggo terbakar, pada Minggu (20/10/2019) malam.

Petugas gabungan terdiri dari jajaran TNI, Polri, BPBD dan petugas Perhutani melakukan pemadaman di titik api dengan menggunakan alat seadanya karena berada di areal yang terjal.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi mengatakan untuk kebakaran di Gunung Argopuro yang terlihat di Kecamatan Krucil dan Tiris, para petugas gabungan berupaya upaya pemadaman.

"Hingga saat ini petugas terus melakukan pemantauan dan pemadaman dengan alat seadanya karena terkendala medan," jelasnya, Senin (21/10/2019).

Sedangkan kebakaran yang melanda wilayah Pegunungan Tengger di wilayah Lumbang berada di petak C yang merupakan lahan hutan produksi (pohon pinus) milik Perhutani.

Sedikitnya 36 personil penanggulangan kebakaran hutan dari Koramil 0820/09 Lumbang, Polsek Lumbang, Perhutani LMDH Lumbang, BPBD, dan masyarakat sekitar dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

"Petugas terus berjaga jaga dengan menggunakan alat seadanya agar api tidak terus menjalar," kata Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo.

Titik kebakaran merupakan kawasan lereng Pegunungan Tengger yang berbatasan antara Kabupaten Probolinggo dan Pasuruan.

Maraknya kebakaran hutan di Jawa Timur ini, membuat BPBD dan petugas gabungan lain seperti TNI-Polri, Perhutani, BKSDA, TNBTS dan para relawan melakukan koordinasi lebih intensif.

"Agar kebakaran lahan dan hutan dapat tertangani lebih cepat," tukasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan jatimnow.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab jatimnow.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA