Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jambi Siap Operasikan Capsule Bus Berbasis Digital

Selasa 22 Oct 2019 10:58 WIB

Red: Nora Azizah

Capsule bus (Ilustrasi)

Capsule bus (Ilustrasi)

Foto: Flickr
Jambi menjadi kota pertama di Indonesia yang menggunakan capsule bus digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Kota Jambi dalam waktu dekat siap mengoperasikan transportasi berbasis digital. Hal ini ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara pemerintah kota itu dengan PT Multi Inti Digital Transportasi (MDT) tentang transportasi capsule bus berbasis digital di kota itu.

“Kota Jambi merupakan Kota Pertama di Indonesia yang menggunakan mode transportasi capsule bus berbasis digital ini, dan menjadi project capsule bus di Indonesia,” kata Direktur MDT Subhan Novianda di Jambi, Selasa (22/10).

Dia menjelaskan, ada beberapa kriteria dipilihnya Kota Jambi sebagai kota pertama di Indonesia yang menerapkan konsep terkini transportasi tersebut. Yang pertama, Jambi saat ini membutuhkan solusi transportasi, kedua sarana dan prasarana di Kota Jambi cukup memadai untuk menerapkan konsep transportasi tersebut.

Dan yang ketiga, didukung oleh pemimpin yang memiliki kepedulian. Selain itu, trasnportasi masa capsule bus tersebut seiring dengan rencana Pemerintah Kota Jambi untuk membangun transportasi modern yang sejalan dengan konsep Smart City.

Capsule bus atau Bus Rapid Transit (BRT) tersebut berkapasitas 14 orang, bus tersebut merupakan angkutan umum yang dilengkapi beragam fasilitas, diantaranya AC, CCTV, WiFi, USB Charger, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus dan multimedia. Capsule bus tersebut juga dilengkapi dengan peta yang disesuaikan dengan koridor bus yang tersedia.

Chairman MIS Group Tedy Agustiansjah mengatakan, Capsule Bus Koja Trans tidak hanya akan menciptakan keteraturan dan meningkatkan disiplin waktu di tengah-tengah masyarakat kota itu. Namun lebih dari itu, yakni akan terwujudnya mobilitas masyarakat yang didukung fasilitas transportasi modern yang murah, aman dan nyaman.

Pembayaran mode transportasi tersebut dilakukan menggunakan uang elektronik, pengguna jasa atau penumpang dapat melakukan top cash di pintu masuk bus. Selama diperjalanan, penumpang dapat menikmati WiFi gratis, men-cas hanpdhone, dan dilengkapi dengan sajian multimedia.

“Ketersediaan CCTV, bangku prioritas untuk penumpang dengan kondisi khusus dan [intu darurat merupakan kepedulian kami terhadap faktor keamanan bagi penumpang Capsule Bus,” kata Tedy.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA