Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Angin Ribut Terjang Sumedang

Selasa 22 Oct 2019 17:58 WIB

Rep: Djoko Suceno/ Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi angin ribut.

Ilustrasi angin ribut.

Foto: Republika/Mardiah
Pintu kaca dekat ruang kerja Wakil Bupati Sumedang hancur berantakan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Angin ribut melanda sebagian wilayah di Kabupaten Sumedang. Angin yang berhembus kencang menyapu komplek Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Setda Sumedang, Senin (21/10) sekitar pukul 14.00 WIB. Akibat terjangan angin tersebut, pintu kaca dekat ruang kerja Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan jebol dan hancur berantakan. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Menurut Kasubag Kepegawaian Setda Sumedang Nandar Kusnandar, saat angin menerjang areal perkatoran tersebut Pegawai Negeri Sipil (PNS)  tengah berada di ruang kerjanya masing-masing. Karena panik, para PNS tersebut berhamburan ke luar ruangan untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga

Ia mengatakan terjangan angin puting beliung berlangsung kurang dari satu menit. Namun, karena kencang membuat beberapa bagian bangunan mengalami kerusakan.

"Suasananya sempat tegang. Pegawai sempat panik karena angin berputar dan kencang,’’ kata dia kepada para wartawan.

Nandar mengungkapkan, setelah angin berlalu para karyawan kembali ke ruangannya masing-masing. Sementara itu beberapa petugas langsung memperbaiki pintu kaca dekat ruang kerja wakil bupati yang jebol diterjang angin.

Pintu dengan kusen alumunium tersebut terlihat ambruk ke lantai dan kacanya berserakan. "Saat itu juga langsung ditangani pegawai Bagian Umum. Pintu yang jebol diangkut dan serpihan kaca dibersihkan," ujar dia.

Terjangan angin ribut juga melanda Desa Jatihandap, Kecamatan Sumedang Utara. Menurut Kades Jatihandap Deden Wahidin, angin kencang menerjang wilayahnya sekitar pukul 13.00 WIB.

Embusan angin kencang yang berputar-putar tersebut, kata dia, menerjang rumah warganya. Akibat terjangan angin tersebut, salah satu rumah warga bernama Ilah (70) di Dusun Sindang Sehat mengalami kerusakan parah.

Bagian dinding rumah nenek tersebut ambruk. "Penghuni rumah selamat. Tidak ada warga yang jadi korban," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA