Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

KCIC Investigasi Kebakaran Pipa BBM di Tol Purbaleunyi

Selasa 22 Okt 2019 18:28 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Petugas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan api di lokasi terjadinya kebakaran pipa bahan bakar minyak Pertamina di Kecamatan Melong, Kota Cimahi, Selasa (22/10).

Petugas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan api di lokasi terjadinya kebakaran pipa bahan bakar minyak Pertamina di Kecamatan Melong, Kota Cimahi, Selasa (22/10).

Foto: Republika
Jasa Marga memberlakukan rekayasa lau lintas di Jalan Tol Purbaleunyi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran terjadi pada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB. Public Relations & CSR Manager Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Deni Yusdiana mengtakan saat ini investigasi tengah dilakukan.

"Masih dilakukan investigasi lebih lanjut mengenai penyebab kejadian oleh pihak berwenang bekerja sama dengan Pertamina selaku pemilik aset," kata Deni, Selasa (22/10).

Dia menjelaskan prioritas saat ini dilakukan yakni menjamin keamanan di sekitar lokasi yang dilakukan oleh kontraktor KCJB dibantu Pertamina dan pihak yang berwenang.  Saat ini, lanjut dia, aktivitas tengah fokus pada pemadaman dan pengamanan lokasi kejadian.

Deni memastikan KCIC berkomitmen agar semua pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor KCJB senantiasa memperhatikan aspek keselamatan, quality, dan time delivery. "Ini sebagai prioritas untuk berkontribusi pada pembangunan infrastruktur transportasi koridor Jakarta-Bandung," ungkap Deni.

Sebelumnya kebakaran terjadi pada pipa penyalur BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang yang berlokasi di pinggir ruas jalan tol Purbaleunyi kilometer 130 Cimahi-Pasir Koja. Kebakaran terjadi pada pukul 13.30 WIB yang terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB.

PT Jasa Marga (Persero) dengan kepolisian memberlakukan rekayasa lau lintas di Jalan Tol Purbaleunyi. Sebab, terjadi kebakaran di lokasi pekerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung tepatnua di Km 130 Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi.

"Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Jasa Marga Cabang Purbaleunyi berkoordinasi dengan kepolisian turut melakukan rekayasa lalu lintas hingga saat ini," kata General Manager Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra, Selasa (22/10).

Dia menjelaskan  Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi saat ini ditutup. Pengguna jalan yang menuju Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Baros dan GT Pasteur.

Selain itu, Jalan Tol Padaleunyi arah Jakarta dibuka kondisional untuk bahu jalan dan lajur satu. "Juga dilakukan pengalihan lalu lintas untuk pengguna jalan yang menuju Jalan Tol Padaleunyi arah Jakarta dialihkan ke GT Pasir Koja," jelas Pratomo.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA